Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 19 Oktober 2017 | 07:57 WIB
  • Gila Prioritas di Jalan Raya

  • Oleh
    • Krisna Wicaksono
Gila Prioritas di Jalan Raya
Photo :
  • VIVA/ Stella
Mobil nekat pasang Sirine dan rotator
File Not Found

VIVA – Matahari masih malu-malu memunculkan cahayanya, namun jalanan sudah benderang oleh lampu-lampu dari kendaraan yang terjebak kemacetan di Jakarta.

Tiba-tiba, suara sirine nyaring muncul dari arah belakang, diikuti oleh kilatan lampu berwarna biru yang menyilaukan dari balik kaca depan sebuah mobil.

Pemandangan ini mungkin sudah jadi santapan sehari-hari warga Jakarta. Di antara ribuan kendaraan yang antre, ada beberapa yang tidak sabar dan merasa memiliki hak untuk diberikan jalan.

Menyamar sebagai polisi gadungan, para pengemudi mobil-mobil tersebut membelah kemacetan seolah jalanan milik mereka.

Pemandangan seperti ini berlangsung nyaris sepanjang hari. Di mana ada kemacetan, pasti ada kendaraan sipil dengan lampu biru dan sirine yang melintas kencang. Seolah-olah nyawa penumpang di dalamnya sangat bergantung pada seberapa cepat mobil tersebut tiba di tujuan.

Itu sebabnya, Polda Metro Jaya bersama dengan Dinas Perhubungan dan TNI belum lama ini menggelar razia lampu rotator, lampu strobo, dan sirine di DKI. Razia digelar mulai 11 Oktober lalu hingga 11 November 2017.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Halim Pagarra, mengungkapkan, ada ratusan kendaraan yang terdiri atas roda dua dan roda empat ditindak akibat memakai rotator dan sirine.

Penindakan terhitung sejak 11 Oktober hingga 15 Oktober 2017. Di antara para pelanggar itu ada yang ditilang, ada pula yang ditegur. "Jumlah tilang 160. Jumlah teguran 20 kendaraan," ujar Halim beberapa waktu lalu.

Razia lampu rotator dan sirine sejatinya sudah dilakukan pihak kepolisian beberapa kali. Pada 2014, Polda Metro Jaya memberi surat tilang pada 124 kendaraan karena terbukti menggunakan lampu isyarat dan sirine.

Adanya kenaikan jumlah pelanggar diduga berkaitan dengan semakin padatnya ruas jalan yang ada di ibu kota. Banyak yang ingin tiba di tujuan dengan cepat, meski harus menghalalkan berbagai cara.

Berdasarkan data Pusat Badan Statistik, pada 2013 ada lebih dari 16 juta kendaraan di DKI Jakarta. Dengan pertumbuhan sekitar 1-2 juta unit per tahun, maka diprediksi saat ini jumlah kendaraan di ibu kota mencapai lebih dari 20 juta unit.

Selanjutnya, Tilang Tak Mempan

File Not Found