Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Sabtu, 28 Oktober 2017 | 06:08 WIB
  • Kejayaan Mobil Bensin Mulai Rontok

  • Oleh
    • Rendra Saputra,
    • Yunisa Herawati,
    • Hadi Suprapto
Kejayaan Mobil Bensin Mulai Rontok
Photo :
  • REUTERS/Toru Hanai
Inilah Deretan Mobil Konsep di Tokyo Motor Show 2017
File Not Found

VIVA – Perlahan tapi pasti, era baru industri otomotif telah tiba. Peran mobil berbahan bakar fosil yang selama ini diandalkan banyak orang mulai digeser dengan kehadiran mobil bermesin hybrid dan listrik.

Tak sekadar isu belaka, karena sejak lama banyak pabrikan otomotif sudah mempersiapkannya secara masak-masak. Kini tampaknya era itu perlahan dimulai.

Setidaknya ini tergambar pada ajang otomotif, Tokyo Motor Show 2017, yang sedang berlangsung di Jepang. Pameran yang rutin digelar itu jadi ajang pamer mobil hybrid dan listrik dunia.

Seluruh pabrikan berlomba-lomba menciptakan mobil tanpa emisi. Alasannya jelas, gaya hidup dan ketatnya regulasi sejumlah negara membuat pabrikan terus dituntut mengembangkan mobil demikian.

Toyota merupakan salah satu perusahaan otomotif yang melakukan hal sama. Mereka telah lama berkecimpung pada teknologi hybrid dan terus mengembangkan ke arah teknologi sepenuhnya listrik.

Di Tokyo Motor Show, Toyota menampilkan mobil konsep enam tempat duduk Fine-Comfort Ride, dan Sora, bus fuel-cell yang akan diluncurkan tahun depan.

Begitu pun dengan Daihatsu, jenama yang berada dalam dekapan bisnis Toyota. Dari lima mobil konsep Daihatsu yang dipamerkan, tak ada satu pun yang murni bermesin bensin. Kelimanya menggunakan pilihan mesin hybrid atau listrik.

"Ke depan kami akan fokus ke mesin elektrik atau hybrid," kata Presiden Daihatsu Motor Company Koichiro Okudaira dalam kesempatan wawancara dengan beberapa jurnalis Indonesia, termasuk VIVA, di Tokyo, pekan ini.

Memang, saat ini pabrikan Jepang tengah dikejar membuat mobil hybrid dan listrik yang ekonomis, dengan harga masuk akal alias bisa diterima masyarakat. Alhasil mereka kini fokus mencari teknologi alternatif semurah bensin.

"Sejauh ini green car melaju, tapi powertrain tenaga listrik adalah suatu keharusan," kata Okudaira. "Mobil listrik sangat cocok dengan mobil kecil yang digunakan orang setiap hari untuk berbelanja atau aktivitas lain karena hemat biaya dan perawatan".

Honda Motor Co juga punya kendaraan ramah lingkungan yang akan dirilis ke publik. Di antaranya mobil listrik kompak di Jepang pada 2020, menyusul Nissan Motor Co yang sukses membuat Leaf sejak 2010.

Selanjutnya, Harga Bakal Sama

File Not Found