Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 7 November 2017 | 06:02 WIB
  • Pernikahan Merakyat Putri Solo dan Pemuda Batak

  • Oleh
    • Jujuk Ernawati,
    • Finalia Kodrati,
    • Agus Rahmat,
    • Fajar Sodiq (Solo),
    • Putra Nasution (Medan),
Pernikahan Merakyat Putri Solo dan Pemuda Batak
Photo :
  • Instragram @ayanggkahiyang
Foto Prewedding Kahiyang Ayu, dan Bobby Nasution
File Not Found

VIVA – Pertemuan Kahiyang Ayu dan putra mantan Direktur Utama PT Perkebunan Nusantara (PTPN) IV, almarhum Erwin Nasution, yakni Bobby Nasution, dua tahun lalu, ketika sama-sama menempuh pendidikan pascasarjana di Institut Pertanian Bogor (IPB) berbuah kisah manis. Putri semata wayang Presiden Joko Widodo itu akan menjadi istri pemuda Batak, besok.

Resepsi pernikahan anak kedua orang nomor satu negeri ini akan digelar di gedung milik Jokowi, Graha Saba Buana Surakarta pada Rabu, 8 November 2017. Sejak rencana pernikahan itu diumumkan pada pertengahan September lalu, sejumlah persiapan telah dilakukan.

Tak jauh berbeda dengan pernikahan kakaknya, Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda pada dua tahun silam, pernikahan Kahiyang juga dilakukan di gedung yang sama. Namun juru bicara keluarga yang juga putra sulung Jokowi, Gibran mengatakan bahwa prosesi pernikahan adiknya bakal lebih lengkap dengan pengamanan lebih ketat.

Ada 5.000 personel gabungan antara TNI dan Polri yang akan memastikan acara berjalan lancar. Mereka ditempatkan di bandara Adi Sumarmo, stasiun, dan rute kirab dari kediaman Presiden Jokowi hingga hotel dan titik lainnya yang dianggap penting. Pengamanan dilakukan selama enam hari sejak 4-9 November 2017 atau sehari setelah prosesi pernikahan.

Merakyat

Dengan pengamanan ketat, pernikahan yang dihelat secara standing party ini mengundang sebanyak 8.000 tamu. Kartu undangan simpel dengan warna merah hati bersampul beludru itu telah didistribusikan pada akhir Oktober lalu.
 
Tamu undangan tak hanya VVIP dan VIP, tapi juga kalangan masyarakat biasa seperti pernikahan Gibran dan Selvi, yang saat itu dihadiri penarik becak, pedagang pasar dan lainnya. Di pernikahan merakyat ini, banyak yang terlibat dan ingin dilibatkan.

Beberapa tokoh besar Tanah Air, seperti Wakil Presiden Jusuf Kalla bakal menjadi saksi dari pihak mempelai wanita, sedangkan saksi dari calon mempelai pria adalah Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution. Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo pun mendapat tugas khusus sebagai Pambagyo Harjo atau penyambut tamu dari pihak Jokowi.

Tak hanya itu, masyarakat juga secara sukarela berpartisipasi dalam pesta pernikahan putri Jokowi. Sebanyak 6.000 relawan yang tak hanya berasal dari Solo akan ikut hadir. Jumlah ini meningkat dua kali lipat dibanding pernikahan Gibran-Selvi.

Penanggung jawab relawan, Eko Sulistyo mengatakan bahwa ribuan relawan dari berbagai daerah itu  membanjiri Solo mulai Senin, 6 November 2017. Relawan yang menginap di Asrama Haji akan fokus pada acara midodareni yang digelar hari ini, Selasa, 7 November 2017 dan mengawal kereta kuda pada 8 November 2017.

"Ini semua dalam rangka pihak relawan ingin mendoakan, kemudian ingin menghadiri secara langsung prosesi perkawinan," katanya, beberapa waktu lalu.

Ada sekitar delapan kereta yang masing-masing ditarik dua kuda, telah disiapkan untuk kirab pernikahan Kahiyang-Bobby. Kedelapan kereta dibagi menjadi dua, empat kereta untuk mengantar keluarga Bobby dan empat lainnya mengantar keluarga Jokowi, termasuk kereta kencana yang akan mengantar Kahiyang menuju pelaminan.  
Delapan kereta kuda itu, dua merupakan milik Jokowi, empat milik Pemerintah Kota Solo dan dua lainnya milik Anwar Muhtadi, sosok yang dipercaya Jokowi sejak 2005 untuk mengurus kereta kuda jika mantan Wali Kota Solo itu membutuhkannya. Soal dua kereta kuda miliknya, Anwar mengaku cuma-cuma meminjamkannya kepada mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

"Enggak usah bayar untuk Pak Presiden. Untuk keretanya juga begitu. Pokoknya, semua berpartisipasi," kata dia.

File Not Found