Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 29 November 2017 | 06:00 WIB
  • Kangen Water Sembuhkan Penyakit, Mitos atau Fakta

  • Oleh
    • Daurina Lestari,
    • Diza Liane Sahputri,
    • Bimo Aria
Kangen Water Sembuhkan Penyakit, Mitos atau Fakta
Photo :
  • Pixabay/priyanka98742
Minum air putih.
File Not Found

VIVA – Kangen Water tengah ramai diperbincangkan dan semakin banyak diperdagangkan dalam bentuk botol kemasan. Kangen Water diklaim mengandung alkali, kaya akan antioksidan, dan bila diminum diyakini dapat membantu membersihkan racun-racun dari tubuh. 

Banyak orang pun, mulai rutin meminum Kangen Water. Salah satunya, penyanyi Ratna Listy. Ia pun mengaku sering meminum Kangen Water, dengan alasan untuk menjaga tubuhnya tetap sehat dan langsing. 

"Tujuan aku menjaga kesehatan dengan diet, olahraga. Aku diet keto, aku yoga, aku minum Kangen Water, Melilea. Awalnya ingin sehat, tetapi dapat bonus langsing," ujarnya mengungkapkan resep tubuh sehatnya. 

Kangen Water adalah air penyulingan dari mesin ionisasi air produksi perusahaan Jepang, Enagic Kangen Water. Brosur iklan Kangen Water mengklaim bahwa alat penyulingan air tersebut sebagai "medical device", dan dapat menyembuhkan penyakit.

Kangen Water mengklaim bisa digunakan untuk air terapi kesehatan, membantu proses pemulihan tubuh dari berbagai penyakit, dan menjaga membantu vitalitas tubuh agar tetap prima. Iklan tersebut berhasil menarik banyak konsumen untuk membeli Kangen Water dalam bentuk kemasan botol. 
 
Klaim tanpa bukti ilmiah Kangen Water sebagai "obat" yang mampu menyembuhkan penyakit pun menjadi sorotan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Kedua lembaga tersebut memberi peringatan konsumen bahwa Kangen Water belum melalui uji keamanan dan mutu.

Kemenkes menyatakan bahwa Kangen Water bukan untuk kesembuhan. Kementerian Kesehatan RI telah resmi menarik peredaran brosur terkait air purifikasi tersebut. Penarikan tersebut dilakukan, usai pihak Kemenkes melakukan pemeriksaan terhadap produk mesin purifikasi air yang diperdagangkan oleh PT El pada 10 November 2017 lalu.

Dikutip dari siaran pers Kementerian kesehatan yang diterima VIVA, berdasarkan hasil pemeriksaan tersebut, Kemenkes menginstruksikan empat hal pada PT El. Pertama, menarik semua brosur terkait informasi yang mengklaim produk mesin Kangen Water yang "telah diakui negara".

Kedua, menarik semua brosur terkait informasi yang mengklaim bahwa produk mesin Kangen Water sebagai "medical device". Ketiga, tidak boleh mengklaim bahwa produk mesin ionisasi sebagai produk yang dapat "menyehatkan dan/atau menyembuhkan". 

"Serta keempat, imbauan PT El, agar menindaklanjuti hasil pemeriksaan dalam waktu tujuh hari," tulis Kementerian Kesehatan dikutip Sabtu lalu, 25 November 2017.

Berikutnya, tidak ada bukti ilmiah>>>

File Not Found