SOROT 401

Lomba Bisnis Mudik

Ilustrasi suasana mudik menggunakan bus.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ahmad Rizaluddin

VIVA.co.id – Di Indonesia, Lebaran adalah momen yang selalu dinanti setiap tahun. Selain untuk bersilaturahmi dengan sanak famili juga dijadikan ajang pulang kampung alias Mudik Lebaran.

Trik Jitu Dapatkan Harga Tiket dan Akomodasi Ekonomis

Hampir semua masyarakat yang bekerja di luar kota pulang kampung secara serentak sehingga kemacetan sudah merupakan pemandangan umum setiap tahun. Kota Jakarta maupun kota-kota besar lainnya, yang biasanya ramai mendadak menjadi sepi dan tidak ada kemacetan lalu-lintas.  Pemerintah dan stakeholder pun berusaha memberikan pelayanan mudik Lebaran dengan sebaik-baiknya.

Mudik Lebaran juga merupakan peluang bisnis yang selalu dinanti. Ini selalu jadi momen tahunan yang ditunggu-tunggu oleh para operator telekomunikasi, pelaku usaha otomotif hingga pengelola bisnis perhotelan. Mereka sudah jauh-jauh hari berlomba-lomba memikat para calon pemudik dengan berbagai tawaran menarik.

Hindari Penumpukan, Menhub Sarankan Cuti Lebaran Lebih Awal

Munir Syahda Prabowo, Vice President Special Project Network PT Smartfren Telecom Tbk (Smartfren), mengatakan pihaknya menjelang Lebaran merilis dua produk seri Andromax, yaitu E2+ dan A yang sudah keduanya sudah mendukung layanan Voice over LTE (VoLTE).

"Kedua handset itu kita rilis untuk menghadapi momentum lebaran, masyarakat bisa merasakan layanan VoLTE melalui handset yang terjangkau. Andromax E2+ dibanderol Rp1,199 juta dan Andromax dihargai Rp649 ribu. Momentum kita manfaatkan lebaran dengan launching dua produk itu, dengan tujuan masyarakat yang ingin segera merasakan (layanan) LTE ini, kita ready (siap)," tuturnya.

Kemenhub: Ada 16 Titik Macet Jelang Lebaran

Persiapan lainnya adalah, dari sisi jaringan, Munir mengatakan ada empat program. Satu, meningkatkan kapasitas. Kedua, meminimalisir gangguan. Ketiga, memperkecil blank spot. Dan, menyediakan back up kapasitas di tempat ramai.

Sementara itu, Vice President Customer Experience Management and Contact Management XL, Noviyus Kurniawan, mengatakan layanan pelanggan atau Customer Care PT XL Axiata Tbk (XL) telah siap sepenuhnya dalam menghadapi Lebaran.

Kesiapan tersebut antara lain berupa penerapan penanganan operasional yang efektif, sistem monitoring dan penjadwalan hingga penambahan petugas. Kesiapan layanan pelanggan XL ini searah dengan kesiapan divisi lainya, antara lain marketing dan network.

"Dari sisi layanan pelanggan tentunya XL mempersiapkan untuk tetap memberikan pelayanan prima agar pelanggan tetap bisa secara maksimal memanfaatkan layanan XL selama liburan panjang. Biasanya saat Lebaran memang terjadi kenaikan panggilan melalui layanan pelanggan Call Center. Tahun lalu naik sekitar 15 persen," kata dia.

Adapun pada musim mudik Lebaran, baik menjelang atau selama libur panjang, pelanggan banyak menanyakan mengenai paket layanan, termasuk paket data dan internet, juga mengenai paket telepon dan SMS. Selain itu, pelanggan juga menanyakan mengenai sinyal jaringan.

Operator telekomunikasi Telkomsel melalui Direktur Utamanya, Ririek Adriansyah mengatakan menghadapi mudik Lebaran dari sisi jaringan, telah melakukan Network Drive Test yang dilakukan di berbagai jalur  mudik di Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi dengan menggunakan rute darat dan kereta api, yang secara total mencakup jarak 10.921 kilometer.

"Dari sisi pelayanan, Telkomsel akan menghadirkan posko mudik dan titik layanan di lokasi-lokasi keramaian publik yang telah teridentifikasi agar kebutuhan komunikasi pelanggan tetap terjaga, di samping titik-titik pelayanan existing, yakni 412 GraPARI, 392 Mobile GraPARI, 40 unit layanan digital self-service MyGraPARI, dan 464 kantor layanan Telkomsel Distribution Center," ujarnya.

Bahkan selama periode 27 Mei-30 Juni 2016, pelanggan KartuHalo, simPATI, Kartu As, dan LOOP juga berkesempatan mendapatkan berbagai penawaran dan hadiah menarik dalam program ìTraktir Ramadhanî berupa paket layanan suara, SMS, dan data, konten layanan digital lifestyle, berbagai voucher merchant, hingga paket bundling gadget dengan menukarkan Telkomsel POIN yang dimilikinya, cukup dengan menghubungi *123# ataupun mengakses aplikasi MyTelkomsel yang telah dapat diunduh dari Google Play atau App Store.

Momen mudik Lebaran juga dimanfaatkan Indosat Ooredoo selain melakukan peningkatan kapasitas jaringan, pemantauan kualitas jaringan melalui Network Operation Center (INOC) sebagai Command Center, serta melengkapi dengan berbagai paket khusus Ramadan dan Lebaran bagi pelanggan.

perawatan BTS 4G

Jelang mudik lebaran, operator telekomunikasi berlomba-lomba memikat para calon pemudik dengan berbagai tawaran menarik.

Menghadapi masa-masa peningkatan trafik telekomunikasi selama Ramadan dan Mudik Lebaran 2016, kapasitas jaringan Indosat Ooredoo telah ditingkatkan antara lain untuk kapasitas trafik suara menjadi 39 juta Erlang/hari, untuk SMS kapasitas ditingkatkan menjadi 4 Miliar SMS/hari, sementara untuk data, Indosat Ooredoo meningkatkan kapasitas data menjadi 6.389 TeraByte/hari. Kapasitas ini disiapkan untuk 69,8 juta pelanggan Indosat Ooredoo yang didukung dengan total BTS 52.326 secara nasional.

"Dalam rangka memberikan pengalaman terbaik kepada pelanggan dalam situasi apapun, kami telah menyiapkan jaringan telekomunikasi kami untuk menghadapi potensi lonjakan trafik telekomunikasi pada masa Ramadan dan Mudik Lebaran 2016. Peningkatan kapasitas dan kualitas jaringan yang telah melalui program modernisasi jaringan serta penggelaran jaringan 4G LTE di berbagai kota, kami yakin pelanggan dan masyarakat akan tetap dapat berkomunikasi dengan nyaman dan lancar,î tutur Group Head Network Operations, Achmad Abimanyu.

Berikutnya: Cara Diler Memikat Calon Pemudik

Manjakan Pemudik

Tidak hanya operator telekomunikasi yang memberikan banyak kemudahan bagi pemudik Lebaran. Perusahaan otomotif juga gencar melakukan promosi untuk meningkatkan penjualan.
 
Jongkie D Sugiarto, Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO), kepada VIVA.co.id mengatakan, mesti tidak menargetkan pendapatan yang muluk-muluk menjelang Lebaran tapi pihaknya yakin angka penjualan otomotif ada kenaikan.
 
"Sebetulnya kita tidak pernah menargetkan muluk-muluk untuk bulan jelang Lebaran, karena tidak naik signifikan kok. Cuma orang-orang saja bilang dan ribut naik. Soalnya bulan depan (Juli) juga drop lagi, karena kan orang-orang pada libur. Engga mau kerja di Lebaran, produksi mobil juga berhenti dan showroom, Samsat juga tutup," kata dia

Mengenai prediksi penjualan menjelang Lebaran, Jongkie mengaku tidak mengetahuinya namun kemungkinan bertahan di angka 80.000 unit.

Wakil Presiden Direktur PT TAM Henry Tanoto, PT Toyota Astra Motor  (TAM) menaruh harapan pada Lebaran tahun ini. "Kalau kenaikan pasti ada, tapi jelang Lebaran ini orang kan demandnya tinggi, dan saya yakin market di bulan ini bisa lebih baik, marketnya bisa 10 persen lebih baik," ujar Henry.
 
Masyarakat, menurut dia, lebih menyukai kendaraan Multi Purpose Vehicle (MPV) dan Sport Utility Vehicle (SUV), mereka sangat diminati. Mengenai promo bagi pemudik, Henry menyatakan lebih kepada diskon perawatan kendaraan.

Sementara itu Marketing Director PT SIS, Makmur, mengatakan, menjelang Lebaran, PT Suzuki Indomobil Sales memberikan program dengan tajuk Triple3Bonus untuk penjualan (sales) dan purna jual (after sales) dengan tiga keuntungan.

Triple3Bonus ada tiga tawaran Down Payment (DP) mulai Rp8 jutaan cicilan menarik (cicilan disesuaikan) dan biaya administrasi ringan. "DP Rp8 juta kita berikan untuk kendaraan komersil pikap di beberapa daerah, sedangkan passanger untuk Karimun Wagon R dan Ertiga khusus di Jabodetabek.

Suzuki Karimun Wagon R AGS

PT Suzuki Indomobil Sales memberikan program dengan tajuk Triple3Bonus untuk penjualan (sales) dan purna jual (after sales) dengan tiga keutungan.

Sedangkan Triple3Bonus untuk after sales juga ada tiga, Pertama, program 'Service Mobil Berhadiah Motor'. Program service ini terdiri dari dua periode yakni 6 Juni-5 Juli 2016 dan 6 Juli-7 Agustus 2016. Adapun motor yang jumlahnya mencapai 10 unit All New Satria Fuel Injection yang diundi pada 21 Agustus 2016.

Program after sales kedua gratis 23 item pemeriksaan. Konsumen dapat melakukan pemeriksaan secara gratis 23 item di bengkel resmi, bengkel Siaga dan posko mudik Suzuki di sejumlah wilayah.

Program after sales ketiga pemberian voucher potongan harga hasil kerja sama Suzuki dan Bridgestone. Voucher ini berlaku untuk pembelian dua ban Bridgestone ukuran apa saja senilai Rp200 ribu dan Rp100 ribu untuk perawatan.

Momen Lebaran juga  dimanfaatkan PT Nissan Motor Indonesia (NMI) melalui brand Datsun juga memberikan promo Lebaran mulai 10 Juni hingga 17 Juli 2016. Di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta, Datsun menawarkan varian spesial Lebaran untuk dua model versi spesial Lebaran.
 
Untuk Datsun GO+ Panca T-Style dilengkapi leather seat (beige), JVC audio head unit with rear view camera, serta penambahan tweeter dan amplifier. Sedangkan untuk Datsun GO Panca T-Active versi spesial terlihat lebih stylish dengan carbon roof spoiler and exhaust finisher.

"Varian spesial menyambut Lebaran ini bertujuan untuk menyegarkan line-up kami, memberikan daya tarik khusus serta menambahkan elemen personalisasi kepada mobil pilihan konsumen. Edisi spesial Lebaran, Datsun GO+ Panca T-Style dibanderol Rp126 juta dan Datsun GO Panca T-Active Rp113,4 juta On the Road Jakarta," katanya.

Selain promo pada penjualan kendaraan, Nissan & Datsun Rest Point (NDRP) juga membuka posko peristirahatan bagi pemilik kendaraan Nissan dan Datsun yang melakukan perjalanan mudik. Posko NDRP 2016 berlokasi di 13 titik jalur mudik. Posko Nissan & Datsun Rest Point beroperasi dalam beberapa periode:
1.   Tanggal 1 - 10 Juli 2016
Rest Area Tol Merak Km 43, Rest Area Tol Cileunyi Km 127, NDRP Puncak, NDRP Caruban, NDRP Tuban, NDRP Alas Roban, NDRP Situbondo, dan NDRP Jatilawang.
2.   Tanggal 1 –  8 Juli 2016
Rest Area Tol Cikampek Km 57, Rest Area Tol Cipali 102, dan Rest Area Tol Kanci Km 207A.
3.   Tanggal 8 –  10 Juli 2016
Rest Area Tol Kanci Km 208B, dan Rest Area Tol Cipali 101.
 
"Seluruh posko Nissan dan Datsun Rest Point akan beroperasi penuh selama 24 jam dan menyediakan fasilitas check-up gratis kendaraan Nissan dan Datsun yang didukung oleh para teknisi handal," kata dia.

After Sales Service Division Head Isuzu, Heri Wasesa mengatakan PT Astra International Tbk program menarik mudik 2016 ini, kami siapkan program untuk pemilik Isuzu MU-X, Isuzu Panther minibus dan pikap serta Isuzu D-Max. Kita berikan pemeriksaan mudik gratis dari tanggal 13 Juni hingga 15 Juli

Selain program pemeriksaan gratis itu, ada juga diskon 15 persen untuk pekerjaan tambahan seperti tune-up, pemeriksaan rem dan kopling. Ada juga diskon spare part sekitar 3-7 persen. Semua ini berlaku untuk seluruh jaringan Isuzu.

"Kita ada juga program Astra Holding Campaign. Dalam program ini, Astra International akan menyediakan 10 titik pos siaga mudik Lebaran yang akan buka selama 24 jam," kata dia.

Jadi semua merek yang bernaung di bawah Astra dapat memanfaatkannya. Mulai dari tol Merak, Cikampek, Palikanci, Cipali, Puncak, Buntu hingga Caruban. Ini berlangsung dari 1 hingga 10 Juni di mana akan ada 600 teknisi yang akan siap membantu pelanggan Astra.

(ren)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya