Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Sabtu, 8 Juli 2017 | 15:30 WIB
  • Perang Mobil Keluarga

  • Oleh
    • Krisna Wicaksono,
    • Jeffry Yanto Sudibyo,
    • Pius Yosep Mali,
    • Dian Tami
Perang Mobil Keluarga
Photo :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa
Warga melintas di antara mobil yang diparkir di Jakarta.

VIVA.co.id – Jarum jam menunjuk angka 10.00. Kami dari VIVA.co.id tiba di satu diler Mitsubishi di Tangerang Selatan. Awan kelabu tampak bergelayut di langit, namun menurut berita, hujan tak akan turun hingga sore.

Tidak seperti biasa, diler itu kedatangan belasan pengunjung. Sebagian para pemilik mobil yang sedang servis, sebagian lagi cuma melihat-lihat beberapa mobil super kinclong.

"Saya baca di berita, katanya XM Concept sudah bisa dipesan," kata Angga, laki-laki itu.

Angga adalah satu dari ratusan orang yang menyatakan ketertarikannya pada mobil keluarga baru keluaran Mitsubishi. Menurut data internal, sudah ada lebih dari 800 orang yang berminat meminang mobil berkapasitas tujuh penumpang ini.

Angkanya cukup mengagumkan, mengingat wujud aslinya hingga kini belum juga ditampilkan.

sorot mobil - Roadshow Mitsubishi XM Concept di Bandung, Jawa Barat.

Mobil keluarga Mitsubishi XM Concept saat dipamerkan di Bandung, Jawa Barat. (VIVA.co.id/Yunisa Herawati)

Mitsubishi yakin produk baru mereka itu akan bisa bersaing dengan mobil keluarga yang saat ini mendapat julukan sejuta umat, Toyota Avanza.

Booming mobil keluarga atau dikenal dengan nama keren Multi Purpose Vehicle (MPV) di Indonesia sudah terjadi sejak lama. Menurut Ketua Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia Jongkie D Sugiarto, budaya orang timur yang menjadi penyebab tren mobil MPV bisa bertahan hingga sekarang. [Baca juga: Berawal dari 'Si Kijang']

Kita sebagai orang timur, katanya, biasa hidup dalam keluarga besar. Kakek, nenek, orangtua, semua hidup dalam satu rumah. "Jadi, kadang perlu mobil muat banyak," ujarnya.

Selain itu, Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) untuk mobil MPV hanya 10 persen. Sedangkan sedan di bawah 1.500 cc saja sudah 30 persen. Inilah yang membuat harga MPV jauh di bawah sedan. [Lihat infografik: Cikal Bakal Mobil Keluarga]

Minat pada MPV juga tidak hanya muncul pada golongan menengah ke bawah saja. Tak sedikit orang kaya raya pemilik sedan yang juga punya MPV.

"Artinya, mobil MPV sudah menjadi bagian dari kehidupan rakyat Indonesia, tanpa melihat status kekayaannya."

Dengan harga yang terjangkau, mampu menampung banyak penumpang, MPV jadi kendaraan yang tepat bagi keluarga Indonesia.

Selanjutnya, Cetak rekor