Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Sabtu, 23 September 2017 | 22:22 WIB
  • Tumbuh Tumbang Mobil Keluarga

  • Oleh
    • Rendra Saputra,
    • Pius Yosep Mali,
    • Dian Tami,
    • Jeffry Yanto Sudibyo
Tumbuh Tumbang Mobil Keluarga
Photo :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar
Mobil Keluarga murah saat dipamerkan di IIMS 2013

VIVA.co.id – Semua riuh. Hingar bingar dalam satu ruang besar. Tak sabar menanti selubung yang tak lama lagi dibuka.

Satu di antaranya mengeluarkan kamera. Bersiap membidik isi yang bikin penasaran pengunjung Gaikindo Indonesia International Auto Show 2017 Agustus lalu.

Sebuah obrolan ringan samar-samar terdengar. Pemuda berusia dua puluhan itu bertanya pada temannya, apa mobil besutan Mitsubishi ini bakal sukses menenggelamkan pamor Avanza.

Pertanyaan itu cukup beralasan, karena dikaitkan dengan diksi yang acap digunakan media massa dalam tiap artikel yang berkaitan dengan Xpander, 'calon pembunuh Avanza'."Ya kita lihat saja, yang dulu-dulu juga disebut calon pembunuh Avanza, nyatanya sampai sekarang enggak terbunuh-bunuh," sahut teman di sebelahnya. Tanpa membalas, pemuda itu hanya mengangguk.

Percakapan itu memberi tafsir tersendiri. Bagaimana memori di kepala seseorang memberi gambaran betapa sulitnya 'sang petahana' tergeser dari singgasana mobil multi guna level bawah.

Sebagai modal menantang, Xpander memang hadir dengan wujud yang ngeri-ngeri sedap, hingga dianggap jadi lawan yang setimpal bagi Avanza. Desainnya futuristik, kaki-kaki badak, dan fitur berlimpah. Banyak yang memperkirakan kreasi terbaru Mitsubishi ini cukup menjadi pilihan menarik bagi masyarakat pasca lenyapnya Mitsubishi Kuda dan Maven.

sorot mobil kel - Mitsubishi Xpander

Mobil terbaru Mitsubishi Xpander saat dipamerkan dalam ajang Pameran Otomotif GIIAS 2017 di ICE, BSD, Tangerang, Kamis, 10 Agustus 2017. (VIVA.co.id/M Ali Wafa)

Isyarat bahaya dari Xpander sudah terlihat dari membeludaknya pengunjung gerai Mitsubishi di ajang GIIAS 2017. Banyak orang penasaran.

"Intinya Mitsubishi Xpander cukup sukses di launching-nya, ini membuat kita tetap optimistis," kata Direktur Penjualan dan Marketing PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia Irwan Kuncoro.

Setali tiga uang, perusahaan otomotif pendatang baru dari China, Wuling, juga memberi gelagat bila pertarungan mobil kelas keluarga di Tanah Air bakal dibuat makin beringsang. Wuling memboyong dua gacoan, Confero dan Confero S, yang sama-sama dihadirkan sebagai kuda hitam peperangan di segmen mobil keluarga. Apalagi mereka menawarkan harga murah di produk sekelas low MPV yang sudah disesaki Avanza, Xenia, Ertiga, Mobilio, hingga Grand Livina. [Baca juga: Lincahnya Mobil Keluarga Indonesia] 

Invasi bisnis produsen asal China itu sudah ditandai dengan guyuran investasi lebih dari Rp9 triliun untuk membangun markas di Cikarang. Langkahnya bahkan jauh lebih progresif ketimbang pemain mobil sekaliber Korea Selatan yang masih mengandalkan impor, sekalipun sudah hadir selama lebih dari dua dekade.

Brand Manager Wuling Motors, Dian Asmahani, mengaku sebelum masuk Indonesia sudah melakukan riset mendalam mengenai masyarakat Indonesia. “Kami memahami bahwa masyarakat Indonesia sangat memegang nilai kekeluargaan dan mereka selalu mendahulukan kebersamaan keluarga, itulah yang menjadi salah satu latar belakang mengapa kami hadirkan MPV di Tanah Air," kata Dian. [Lihat: Infografik Membunuh atau Terbunuh]

Selanjutnya, Membunuh atau Terbunuh