Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Sabtu, 21 Oktober 2017 | 11:40 WIB
  • Kids Zaman Now Bersuara

  • Oleh
    • Jujuk Ernawati,
    • Putri Firdaus,
    • Isra Berlian
Kids Zaman Now Bersuara
Photo :
  • REUTERS/Guglielmo Mangiapane
Dua orang sedang swafoto (selfie) menggunakan smartphone saat berwisata di pantai

VIVA - Dia adik dari supermodel terkenal dunia, saudara tiri sosialita dan bintang reality paling top di Hollywood serta putri bungsu Kris dan Bruce Jenner, sebelum bertransformasi menjadi Caitlyn Jenner. Namanya, Kylie Kristen Jenner atau populer dengan panggilan Kylie Jenner.

Kylie mulai dikenal publik sejak usia sembilan tahun, ketika ikut membintangi reality show keluarganya, Keeping Up with the Kardashians. Dari seorang bocah menggemaskan, Kylie menjelma menjadi gadis cantik dengan penampilan sangat seksi. 

Sayangnya, itu tak terjadi secara alami. Bibirnya yang bervolume, hasil injeksi filler dan beberapa bagian tubuhnya, meski tak diakui tapi diduga hasil bedah plastik. Bullying atau perundungan dan ketidapercayaan diri menjadi alasannya mengambil jalan pintas melakukan permak tubuh demi mendapatkan penampilan sempurna secara instan. 

Namun tak cuma soal itu, ada sisi lain yang membuatnya dipuja remaja sedunia hingga menjadi salah satu dari 10 seleb dengan jumlah pengikut terbanyak di bumi, 98,7 juta followers di Instagram. Wanita yang lahir pada 10 Agustus 1997 ini dikenal sebagai sosok yang tahu apa yang dimau dan gigih memperjuangkannya. Selain soal mengubah bentuk tubuh, contoh lainnya adalah passion-nya pada lipstik hingga membuatnya menciptakan lini kecantikan, Kylie Cosmetics dengan produk pertama adalah Kylie Lip Kit. 

Produk kosmetiknya hingga kini selalu ludes terjual hanya dalam hitungan menit. Dengan keberhasilanya, wanita berusia 20 tahun itu menjadi sosok independen di usia muda. 

Pendapatan adik Kendall Jenner tersebut dari bisnis kosmetik yang dibangun sejak November 2015 mencapai Rp5,6 triliun. Menempatkan Kylie menjadi salah satu wanita muda paling sukses di dunia. 

Dia pun menjadi sosok yang paling banyak memengaruhi remaja-remaja seusianya. Banyak yang akhirnya mengikuti gaya pakaian, rambut, penampilan hingga bisnis yang digeluti. 

Aurel Hermansyah, Azriel dan Anang

Aurel Hermansyah (tengah) bersama Anang Hermansyah (kanan) dan Azriel Hermansyah (kiri) saat berada di Jakarta. (VIVA/Nuvola Gloria)

Salah satunya, penyanyi Tanah Air Aurel Hermansyah, putri sulung Anang Hemansyah dan Krisdayanti. Selain penampilannya yang dianggap mengekor Kylie, Aurel juga punya bisnis kecantikan dengan label Aurelie Cosmetics. 

Sebenarnya tak hanya Aurel, masih banyak remaja lain yang mengadopsi gaya Kylie. Itu mengapa mantan kekasih Tyga ini masuk dalam 30 remaja paling berpengaruh tahun 2016 versi majalah Time. Namanya yang populer dan menjadi influencer tak terlepas dari peran internet. 

Dia yang lahir pada era internet memang sudah fasih dengan teknologi dan internet sejak anak-anak. Internet dan media sosial telah menjadi sumber informasi sekaligus memengaruhi kehidupan banyak orang. 

Dikutip dari Live Science, internet lahir pada awal 1990-an berkat jasa seorang ilmuwan komputer bernama Tim Berners-Lee yang menemukan konsep World Wide Web (WWW) pada 1990. 

Kemudian pada 1994, dia mendirikan World Wide Web Consortium dan pada tahun yang sama, Netscape Communication lahir dan Microsoft menciptakan browser Web untuk Windows 95.

Lahirnya internet menandai munculnya generasi baru. Generasi Z atau kids zaman now, penerus generasi millennial yang lahir di awal tahun 1980-an. Badan Statistik Kanada mendeskripsikan bahwa generasi Z adalah anak yang lahir antara tahun 1995-2014. 

Sementara studi yang dilakukan The Center for Generational Kinetics (CGK) baru-baru ini menyebut bahwa generasi Z adalah mereka yang lahir antara tahun 1996 hingga 2015. Menurut CGK, generasi Z akan segera menjadi generasi pekerja, konsumen dan trendsetter yang paling cepat berkembang. 

Generasi Z juga lebih berpengaruh daripada kalangan millennial, salah satunya karena pola pikir yang lebih realistis pada usia sangat dini.

Millenial Branding, sebuah grup konsultan dan penelitian Gen Y (millennial) menambahkan dan menegaskan bahwa generasi Z lebih berwirausahawan, lebih cepat terjun ke dunia kerja, praktis, realistis daripada optimistis, lebih melek teknologi dan siap untuk sukses dibanding generasi sebelumnya. Dan Kylie adalah anak generasi Z dengan karakteristik tersebut.

Selanjutnya, Tuntutan zaman