Menilik Rumitnya Riasan 'The Iron Lady'

Perbandingan foto Margaret Thatcher dan Meryl Streep
Sumber :
  • Reuters

VIVAnews - Banyak orang terkagum-kagum dengan transformasi wajah Meryl Streep di film 'The Iron Lady'. Wajah aslinya memang tertutupi sempurna dengan riasan, hingga menyerupai mantan Perdana Menteri Inggris, Margaret Thatcher.

Tak heran kalau tim penata rias film ini mendapat penghargaan Best Makeup dalam Academy Awards 2012 yang digelar 26 Februari 2012, Minggu malam waktu setempat, di Los Angeles. Anda penasaran siapa orang dibalik riasan mengagumkan 'The Iron Lady'?

Ia adalah Mark Coulier, seorang prosthetic makeup designer di Paramount Pictures. Saat ditanya dua hari sebelum penyelenggaraan Oscar, Coulier memang berharap "Iron Lady" bisa membuat kariernya semakin melambung.

"Seseorang mengatakan kepadaku kalau Iron Lady bisa jadi penghancur karier atau pelambung karier. Saya tentu berharap karier akan semakin melambung karenanya," kata Coulier, seperti dikutip dari BBC.

Ketua DPRD Sebut Pemkab Klungkung Komitmen Tangani Kerusakan Jalan di Nusa Penida

Untuk mengubah wajah Streep, Coulier bekerja sama dengan J Roy Helland. Selama 35 tahun, Helland memang jadi penata rambut dan riasan Streep dalam film. Mereka berdua pun melakukan berbagai cara untuk membuat Streep jadi sosok Thatcher muda, dewasa, hingga menua dan menderita dementia

"Kami juga membuat desain di komputer dengan mengambil gambar Margaret Thatcher dan gambar Streep, untuk disatukan," ujar Coulier.

Perlengkapan makeup Iron Lady

Coulier membuat  strip lateks dari kepala yang kemudian diaplikasikan ke wajah Streep. Tantangan terbesar datang ketika tim harus mengubah wajah Streep dari wanita dewasa menjadi wanita berusia pertengahan 80-an.

Mereka tak menggunakan masker wajah yang penuh, demi mendapat gambaran kulit yang keriput. Tetapi, menutupi area kepala Streep dengan gips, lalu disemprot dengan cat.

"Aku terdiam dan merasa takut karena ada Margaret Thatcher tua di depan kita, dan itu Meryl Streep," kata Damian Jones, produser 'The Iron Lady'.

Phyllida Lloyd, sang sutradara, mengatakan bahwa mendapatkan riasan yang tepat adalah salah satu elemen paling penting dari film.  "Kami bekerja keras dalam persiapan dan perencanaan itu. Kami tidak ingin riasan menjadi merusak segalanya dan jadi penghalang gambaran Thatcher pada penonton," katanya.

Hidung palsu berukuran kecil ditempelkan pada hidung Streep, saat ia memerankan Thatcher muda. Hal ini dilakukan agar wajah Streep terlihat lebih berkesan lembut. Beberapa area wajah juga harus ditutupi.

"Streep memiliki tulang pipi yang besar, sementara Thatcher punya wajah yang penuh," kata Coulier.

Dua hal yang sangat khas dari penampilan Thatcher adalah rambut dan giginya yang seperti gigi kelinci. Hal ini juga dipersiapkan secara khusus.

"Wig adalah karakter dan yang tak ketinggalan adalah gigi!" kata Llyod. (hp).

Komentar Calon Kiper Timnas Indonesia Usai Bawa Inter Milan Sabet Scudetto
Komandan al-Quds Brigade Tulkarm, Mohammad Jaber atau Abu Shujaa

Sosok Abu Shujaa, Komandan Perang Al Quds yang 'Bangkit' dari Kematian

Abu Shujaa pun dinyatakan telah tewas oleh Israel pada hari Jumat lalu. Namun, mengejutkannya, Abu Shujaa tiba-tiba 'bangkit dari kubur'.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024