Cara Sehat Paling Murah: Menyanyi

menyanyi karaoke
Sumber :
  • inmagine

VIVAlife - Apakah Anda gemar menyanyi atau karaoke? Aktivitas ini tak hanya memancing efek relaksasi yang mampu mendongkrak hormon bahagia, tapi juga menjadi terapi ampuh bagi kesehatan.

Profesor Graham Welch, Kepala Pendidikan Musik di Institut Pendidikan Universitas London, mempelajari aspek medis menyanyi selama 30 tahun. "Menyanyi bermanfaat bagi kesehatan fisik dan psikologis," katanya, dikutip heartresearch.org.uk.

Bagi kesehatan fisik, menyanyi merupakan aktivitas aerobik yang dapat meningkatkan aliran oksigen dalam darah, dan melatih kelompok otot tubuh bagian atas. Bagi psikologis, menyanyi membantu mengurangi tingkat stres.

Menyanyi dianggap sebagai cara yang bagus untuk menjaga kebugaran tubuh karena melatih aktivitas paru-paru dan hati. Menyanyi juga merangsang produksi hormon endorfin yang memancing perasaan bahagia.

Dikutip harian Telegraph, Profesor Takeshi Tanigawa dari Ehime Graduate School University of Medicine, Jepang, menambahkan bahwa menyanyi mengaktifkan pernapasan bagian dalam, di mana kondisi ini baik untuk sistem saraf.

Tidak harus mengasah diri menjadi seorang penyanyi profesional untuk merasakan hidup lebih berkualitas. Yang penting, Anda mengetahui teknik menyanyi yang baik, yakni dengan suara perut dan tarikan napas stabil.

Selain menyanyi, mendengarkan musik juga bisa menjadi terapi kesehatan. Studi yang dipublikasikan Jurnal Arthritis Care dan Research menunjukkan bahwa mendengarkan musik efektif mengurangi tekanan darah. Musik bisa menenangkan pasien sebelum operasi, mengurangi stres dan kecemasan.

Itu semua memperkuat bukti medis bahwa musik, termasuk karaoke, memiliki efek terapi potensial yang bermanfaat bagi kesehatan. (eh)

Nekat Datangi Markas TNI, Mayjen Gadungan Ini Ingin Nitip Kerabat Masuk Akmil
Hyoyeon Girls Generation saat menggunakan kebaya Bali - Sunber Foto tangkapan layar Instagram @xosone_ss

Syuting Tak Berizin, Artis dan Kru Variety Show Pick Me Trip In Bali Diperiksa Imigrasi Ngurah Rai

Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai melakukan pemeriksaan terhadap 31 WNA asal Korea Selatan dan 1 WNI dalam pembuatan film reality show' Pick Me Trip in Bali'.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024