Busana dari Makanan Muncul Sejak 1930-an

Gaun dari kulit grapefruit
Sumber :
  • National Geographic

VIVAlife - Akhir-akhir ini pakaian yang terbuat dari makanan kerap bermunculan. Kain yang terbuat dari susu, gaun dari keju, hingga gaun yang terbuat dari hasil fermentasi wine. Tapi, tahukah Anda kalau tren pakaian dari makanan ini telah berkembang jauh sebelum zaman modern, dan bermula dari pakaian yang terbuat dari buah.

Dalam sebuah foto yang diterbitkan oleh National Geographic pada 1939, seorang wanita berpose dengan gaun geometris yang keseluruhannya terbuat dari kulit buah grapefruit. Gaunnya yang sekilas tampak seperti foto Grace Coddington pada sampul depan majalah Vogue ini dibuat tangan untuk merayakan awal musim panen Rio Grande Delta.

Terlihat, kalau kulit grapefruit direkatkan di atas kertas. Sayangnya, bagaimana gaun itu dibuat dan lamanya proses pembuatan, serta rincian lainnya tidak diketahui. Rio Grande yang terletak di ujung Texas memang merupakan produsen grapefruit terbesar ketiga di Amerika.

Mengambil inspirasi dari gaya vintage ini, fashion kreatif mulai mengembangkan pakaian yang terbuat dari bahan-bahan yang bisa dimakan. Majalah Twelv membuat sebuah gaun cantik yang terbuat dari .

Sementara itu, seniman asal Korea Selatan, Sung Yeonju, menyulap irisan terong menjadi sebuah gaun yang cantik. Dan, pakaian dari makanan yang paling menyorot perhatian adalah gaun dari daging yang dikenakan Lady Gaga saat menghadiri MTV Music Awards 2010. (art)

3.37 Mln Hectares Palm Plantation Inside Forest Area, KLHK Identifies
Catherine Wilson

Catherine Wilson Tuntut Nafkah Rp100 Juta Per Bulan, Idham Masse Ungkap Hal Mengejutkan

Kata Catherine Wilson, suaminya sempat janji untuk menafkahinya Rp100 juta per bulan. Hal tersebut sudah tertuang di perjanjian pranikah Idham Masse dan Chatherine

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024