Jangan Terjebak Mitos Kecantikan

wanita cantik berkulit cerah
Sumber :
  • istockphoto

VIVAlife - Tampil cantik jadi hal yang diidamkan para wanita. Banyak yang rela melakukan berbagai macam perawatan demi terlihat cantik dan meningkatkan kepercayaan diri.  Tak sedikit  wanita yang akhirnya mempercayai mitos-mitos yang muncul seputar kecantikan.

Padahal, mitos tersebut belum dapat dibuktikan secara medis. Banyak pula wanita yang mempercayai mitos kecantikan walaupun sudah dibuktikan tidak benar. Agar Anda tak salah kaprah, ketahui fakta di balik mitos-mitos kecantikan berikut.

Mitos:  Mencabut alis lebih baik daripada waxing
Fakta: Kedua hal tersebut sebenarnya sama-sama dapat membuat kulit di sekitar mata cenderung mengendur. Sayangnya, jika kulit di sekitar mata mengendur, maka tidak banyak yang bisa Anda lakukan untuk mengubahnya kecuali melakukan operasi kosmetik. Hal yang belum banyak diketahui para wanita adalah mencabut alis dengan menarik alis memakai pinset dapat membuat kulit menjadi lebih kendur, lebih dari jika Anda melakukan waxing.

Mitos: Produk alami lebih baik bagi kulit daripada produk buatan
Fakta: Beberapa produk perawatan kulit yang terbuat dari bahan-bahan alami seperti pembersih dan moisturizer bekerja dengan sangat baik. Meskipun begitu, jika mengacu pada hasil akhir, tidak ada bahan yang bekerja lebih baik dari retinol dan asam glikolit, dan ini formula buatan.

Mitos:
Waxing dapat membuat bulu tumbuh lebih lebat.
Fakta: Rambut atau bulu-bulu halus tumbuh secara meluas di dasar atau akar. Lalu, menipis atau meruncing di bagian ujung. Jika Anda mencukur atau melakukan waxing untuk menghilangkan bulu-bulu halus tersebut, dasar bulu yang tumbuh membuatnya terlihat tumbuh lebih tebal. Faktanya adalah bulu tidak akan tumbuh lebih tebal setelah dicukur.

Mitos:
Cokelat menyebabkan jerawat
Fakta: Hormon, kandungan minyak berlebih pada kulit, keturunan dan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori kulit, adalah yang menyebabkan timbulnya jerawat. Diet yang salah juga dapat mempengaruhi kondisi kulit Anda. Jadi bukan hanya cokelat yang Anda konsumsi penyebabnya.

Mitos: Jangan mencabut alis bagian atas
Fakta: Demi mencapai bentuk alis sempurna, dibutuhkan mencabut alis bagian atas. Hal ini sangat penting dilakukan secara teliti dan hati-hati karena jika salah, Anda justru dapat membuat alis terlihat aneh dan berefek buruk pada keseluruhan tampilan wajah. Sebaiknya, cari tahu dulu bentuk alis yang tepat untuk wajah Anda.

Mitos: Ukuran pori-pori dapat diperkecil
Fakta: Merupakan hal yang mustahil untuk mengubah ukuran pori-pori kulit Anda, namun Anda dapat membuatnya terlihat lebih kecil. Produk yang berbeda dapat membuat kulit lebih kencang yang sekaligus memberikan efek pori-pori kulit Anda tidak terlihat. Namun hal itu hanya bertahan sementara.

Mitos: Concealer harus diaplikasikan sebelum foundation
Fakta: Concealer harus satu atau dua warna lebih terang dari foundation Anda untuk mencerahkan area bawah mata yang biasanya menghitam.  Langkah ini akan bermanfaat dengan maksimal jika Anda mengaplikasikannya setelah foundation.

Mitos:  Cara terbaik menumbuhkan rambut adalah memotong secara rutin
Fakta: Serutin apapun Anda memotong rambut, tidak akan mempengaruhi pola tumbuh rambut secara biologis. Tapi faktanya, dengan rutin memotong rambut maka tekstur rambut secara keseluruhan akan lebih sehat seiring dengan bertambah panjangnya rambut Anda.

Analisis Metabolisme Tubuh dan Kebutuhan Nutrisi Lewat Tes DNA
Sekjen Golkar Lodewijk Freidrich Paulus bersama Koalisi Indonesia Maju

Pimpinan Golkar di Daerah Minta Airlangga Dipilih secara Aklamasi di Munas, Menurut Sekjen

Sekretaris Jenderal Partai Golkar menyebut para ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) tingkat I meminta Airlangga Hartarto dipilih secara aklamasi di Munas pada Desember.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024