Malas Pakai Pelembab Bikin Cepat Keriput

Pelembab tubuh
Sumber :

VIVAlife - Sebelum keluar rumah, biasanya Anda mengenakan pelembab untuk melindungi kulit dari kekeringan. Namun saat buru-buru, pelembab ini bisa jadi tak sempat dipakai. Akibatnya, kulit dibiarkan tanpa perlindungan dan menjadi kering.

Padahal, pelembab ini fungsinya bukan hanya menjaga kelembaban kulit. Tapi juga, menutrisi kulit dan secara jangka panjang menghambat munculnya keriput. Pelembab memang wajib Anda kenakan kapanpun, baik pada siang hari maupun malam hari. Untuk penyerapan yang maksimal, malam hari adalah waktu terbaik mengenakan pelembab.

"Penggunaan body lotion di malam hari (sebelum tidur) sangat penting. Karena saat itu sel kulit mulai memperbaiki diri dengan cara membelah diri dari sel induk dan mulai menciptakan sel baru. Saat akan membelah diri sel akan membutuhkan energi yaitu air yang ada dalam tubuh," ujar Eddy Karta, dokter spesialis kulit, saat ditemui di kawasan Thamrin, Jakarta.

Jika tidak menggunakan body lotion sebelum tidur, maka kulit akan mudah keriput. Sel yang telah membelah diri akan mengecil, jarak antar sel akan meningkat (merenggang). Dengan kata lain, kulit akan lebih cepat keriput dan cenderung akan menjadi lebih sensitif.

Apalagi, seiring bertambahnya usia proses regenerasi kulit melambat. Ini karena jumlah pembuluh darah dalam kulit yang berkurang. Pelembab yang digunakan akan bekerja untuk menarik air yang kemudian diserap guna menjaga kelembaban kulit.

"Umumnya mereka yang berusia di atas 28 tahun, proses regenerasi kulitnya akan semakin melambat. Secara otomatis, produksi air dalam kulit juga ikut berkurang. Inilah yang menyebabkan kulit menjadi cepat keriput dan kehilangan kelembabannya atau kering," kata dr Eddy.

Sebelum menggunakan pelembab, sebaiknya mandi dulu, untuk membersihkan kulit. Hal ini agar pelembab bisa menyerap ke dalam kulit secara maksimal, tak terhalang kotoran dan sel kulit mati. Lalu, pilih juga pelembab tubuh yang sesuai jenis kulit.

"Kalau kulit kering, gunakan lotion yang memiliki kandungan minyak tinggi. Tapi jika kulit normal cukup menggunakan lotion yang bersifat perawatan," kata dr Eddy.

Identitas 7 Korban Tewas Kebakaran Toko Frame di Mampang Jaksel
Smartfren.

Smartfren Bakal Rights Issue Rp 8,5 Triliun, Ini Jadwalnya

PT Smartfren Telecom Tbk (FREN) dikabarkan bakal melakukan penambahan modal dengan skema rights issue dengan total nilai mencapai Rp 8,5 triliun.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024