Perilaku Ini Haram Dilakukan Pada Rambut

Mengecat rambut
Sumber :
VIVAlife-
Barikade 98 Ajukan Amicus Curiae, Minta Hakim MK Putuskan Sengketa Pilpres Secara Adil
Rambut adalah mahkota bagi wanita. Namun, alih-alih ingin memiliki rambut yang indah banyak orang melakukan perawatan berlebihan hingga menyebabkan kerusakan pada rambutnya.

4 Kejanggalan Pembangunan Masjid yang Diinisiasi Daud Kim, Ternyata Tanahnya Belum Hak Milik ?

Banyak hal yang seharusnya tidak boleh dilakukan pada rambut, namun sering dilakoni. Tanpa sadar, sampo, masker juga vitamin rambut dan berbagai bahan kimia lain yang menjanjikan bisa membuat rambut indah justru bisa menjadi bencana.
Buntut Kasus Pembangunan Masjid oleh Daud Kim, Federasi Muslim Korea Ingatkan Hal Ini


Agar rambut tetap sehat, ada baiknya hindari perilaku haram yang bisa menyakiti rambut seperti dikutip Times of India: 

1. Jangan gunakan shampo anti ketombe secara teratur, terutama jika rambut tak mengalami masalah ini. Menggunakan sampo anti ketombe secara teratur bisa menyebabkan kerusakan rambut.


2. Jangan mewarnai rambut dengan produk pewarnaan sepanjang tahun. Setelah warna rambut berubah kembali menjadi warna asli, biarkan rambut beristirahat untuk jangka waktu 2-3 bulan. Setelah itu, baru Anda bisa melakukan proses pewarnaan kembali.


3. Jangan meluruskan dan mewarnai rambut dalam waktu yang sama. Berikan rambut Anda waktu istirahat.


4. Jangan menyisir rambut basah dengan sisir bergigi rapat. Hal ini bisa membuat rambut rusak dan rontok.


5. Jangan memanjakan diri terlalu banyak dengan produk kemasan perawatan rambut mengandung cuka dan telur. Mengunakan priduk ini berlebihan juga bisa merusak kesehatan rambut.


6. Jangan berlebihan menggunakan hair styling gel. Produk yang bisa membuat rambut lurus ini mengandung bahan kimia berat. Termasuk lotion rambut yang menjanjikan bisa membuat lebih lembut.


7. Hindari penggunaan tabir surya rambut berlebihan. Cukup dengan kondisioner dapat memenuhi tugas ini cukup baik.


8. Gunakan sisir bergigi lebar jika rambut rontok.  Jangan gunakan sikat atau sisir kecil. Dan, hindari berbagi sisir dengan orang lain terutama bila Anda tidak tahu kondisi kulit kepala mereka.


9. Jika Anda memiliki masalah psoriasis kulit kepala dan ketombe, hindari menggunakan minyak rambut. Menggunakan minyak rambut saat berketombe, justru bisa membuat kondisi rambut semakin tak sehat dan membuat organisme penyebab ketombe makin berkembangbiak.


10. Jangan mengikat rambut sepanjang waktu, jika Anda memiliki rambut panjang. Hal ini dapat menyebabkan traction alopecia--kondisi medis yang ditandai dengan kerontokan rambut yang terlokalisasi pada suatu daerah yang kecil, terjadi karena pencabutan akar rambut yang terus menerus.


11. Jangan gunakan sampo yang sama selama berbulan-bulan. Ada baiknya, gunakan sampo dengan merek berbeda setiap bulan.


12. Jangan biarkan pasca kehamilan rambut rontok mengganggu Anda, karena ini adalah normal dan akan mereda setelah beberapa minggu.


13. Jangan menggunakan besi pelurusan rambut di rumah lebih dari dua kali sebulan.


14. Jangan biarkan rol rambut berada di kepala semalaman. Menggunakan rol ada baiknya tidak lebih dari 3-4 jam.


15. Jangan menggunakan minyak rambut atau pijat jika Anda menderita rambut rontok karena hal ini dapat menyebabkan lebih banyak kerusakan akar dan rontok pada rambut.


16. Jangan buang waktu melakukan pengobatan sendiri jika Anda menderita rambut rontok atau masalah kulit kepala lainnya. Kunjungi dokter kulit dan ingat, merupakan hal yang tidak normal jika rambut rontok lebih dari 100 helai dalam sehari.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya