Gaya Hidup Tak Sehat Bikin Kulit Menua 10 Tahun

wajah keriput
Sumber :
  • istockphoto
VIVAlife
Ajak Bernostalgia, Dewa 19 hingga Reza Artamevia Guncang Panggung Soul Intimate Concert 2.0
- Masih sulit beranjak dari gaya hidup tak sehat? Sebaiknya pertimbangkan lagi hal tersebut. Menurut penelitian mendalam yang dilakukan terhadap 585 wanita di China, Inggris, dan Spanyol, gaya hidup tak sehat bisa mempercepat proses penuaan kulit hingga 10 tahun.

BMKG Sebut Gelombang hingga 2,5 Meter Bakal Terjadi di Perairan Indonesia, Ini Lokasinya

Gaya hidup tak sehat itu antara lain menggunakan
Mobil Listrik Vinfast Pakai Sistem Sewa Baterai, Segini Biayanya
sunbed -- alat pemanas yang diklaim mampu membuat warna kulit lebih gelap --, merokok, kurang asupan buah dan kelembapan. Faktor-faktor ini ditemukan pada semua wanita yang terlibat dalam penelitian. Bahkan dengan mempertimbangkan latar belakang serta jenis kulit.


"Kami tahu bahwa genetika menyumbang sekitar 50 persen bagaimana orang menua, tetapi kami tidak tahu berapa banyak yang akan disebabkan oleh gaya hidup mereka," ujar ketua peneliti, Dr. Andrew Mayes seperti dilansir laman
Daily Mail
.


Penelitian dilakukan selama delapan tahun terakhir, dengan melibatkan wanita berusia 45 hingga 75 di Inggris, 30 sampai 70 di Spanyol dan 25-70 di China. Adapun lokasi penelitian dilakukan di tiga tempat, yakni Bedford di Inggris, Madrid di Spanyol, dan Shanghai di China.


Peneliti mengajukan serangkaian pertanyaan kepada para wanita mengenai gaya hidup mereka. Termasuk apakah mereka pernah menggunakan
sunbed
, merokok atau tidak merokok. Kemudian, pertanyaan lainnya yang diajukan adalah seberapa sering mereka mengenakan pelembap, menyantap buah dan sayur, serta apakah mereka rajin menggosok gigi.


Selanjutnya, para peneliti mengambil foto digital masing-masing wanita untuk menilai seberapa tua wajah mereka. Tujuannya untuk mengidentifikasi usia berdasarkan persepsi dan apakah mereka terlihat lebih muda atau tua dari usia sebenarnya.


Setelah itu para peneliti membandingkan usia berdasarkan persepsi dengan gaya hidup sehat dan tak sehat. Kesimpulannya adalah perbedaan selama 10,4 tahun.


"Bukti itu ada di depan kami. Wanita dengan gaya hidup sehat tampak jauh lebih muda ketimbang mereka yang memiliki gaya hidup tak sehat," ucapnya.


Menurut Dr. Mayes, merawat kulit bukan sekadar menggunakan krim dan losion mahal. Melainkan bagaimana seseorang menjalani hidup dan memperlakukan tubuh dengan baik. Selain itu tak perlu menggunakan langkah-langkah esktrem.


"Efek akan terlihat dari waktu ke waktu tanpa perlu operasi plastik," ujarnya.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya