Ketombe Juga Disebabkan oleh Cuaca Dingin

Rambut rontok
Sumber :
VIVAlife -
Amnesty International Sebut Pelanggaran HAM di RI Semakin Buruk, Aparat Paling Banyak Terlibat
Rontok, bercabang, pecah-pecah, kusut, kusam dan ketombe merupakan beberapa masalah rambut yang dialami oleh sebagian besar orang di dunia.  Akan tetapi yang paling sering dikeluhkan adalah masalah ketombe.

Remaja yang Viral Keroyok Pelajar SMP di Makassar Ditangkap, Ada 5 Pelaku Masih Dibawah Umur

Ketombe mulai terbentuk atau muncul karena permukaan kulit kepala yang cenderung berminyak. Ketombe atau serpihan kulit mati ini kadang muncul, kadang menghilang. Sebelum Anda mengatasinya, ada baiknya mengetahui fakta seputar ketombe berikut ini, seperti dikutip dalam
Rapikan Kabel Fiber Optik Semrawut di Tangsel, Ini 5 Titik yang jadi Sorotan Pemkot
Prevention :


Jamur

Asisten profesor dermatologi di John Hopkins School of Medicine, Luis Garza, MD, PhD mengatakan, banyak orang berpikir ketombe disebabkan karena kulit kepala yang kering. Namun hal itu tidaklah benar. Pasalnya ketombe muncul karena adanya jamur yang merupakan bagian normal dari kulit kepala. Ketombe muncul karena pertumbuhan ragi yang terlalu cepat.


Rambut Rontok

Garza mengatakan, tubuh memproduksi sel-sel inflamasi untuk melawan jamur penyebab ketombe. Hal inilah yang menyebabkan rambut menjadi rontok. Namun jangan khawatir, karena masih ada cara untuk melawan ketombe dan kerontokan rambut. Salah satunya dengan membersihkan rambut rutin, sesuai dengan jenis kerusakan rambut yang dialami.


Cuaca Dingin

Yang harus diketahui, cuaca dingin dapat melemahkan kulit kepala dan  menyebabkan iritasi. Oleh karena itu, gunakan sampo anti ketombe untuk menghalaunya.


-Stres

Diketahui, stres dapat memperburuk kondisi rambut Anda. Meski bukan faktor utama, namun stres dapat menjadi faktor risiko penyebab munculnya ketombe. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya