Tips Memilih Sabun Wajah Sesuai Jenis Kulit

Ilustrasi sabun
Sumber :
  • Pixabay/Carlo Sardena

VIVA.co.id – Meski mencuci wajah kelihatan mudah, namun sebagian orang belum melakukannya dengan benar dan tepat. Dan, sebelum Anda mencuci wajah, sebaiknya kenali dahulu jenis kulit Anda.

Nggak Mahal, 4 Trik Kulit Sehat dan Cerah Alami

Hal itu penting agar jenis pembersih wajah yang Anda gunakan lebih tepat sasaran dan sesuai dengan jenis kulit wajah. Spesialis kulit, dr Eddy Karta, Sp.KK menyarankan menggunakan sabun bebas minyak atau oil free bagi Anda yang memiliki kulit wajah berminyak.

"Mencuci wajah merupakan hal mudah, namun tak sedikit orang yang salah kaprah dalam pemilihan sabunnya. Bagi kulit berminyak bisa memilih sabun yang oil free dan sabun pembersih wajah berbahan gel karena dapat membersihkan minyak dengan baik," ujarnya di Jakarta Pusat, Selasa, 20 September 2016.

6 Kegunaan Praktis Sabun Batang, Enggak Cuma untuk Mandi

Sementara untuk kulit wajah kering disarankan untuk menghindari sabun pembersih wajah yang mengandung alkohol. Dia menganjurkan untuk menggunakan sabun pembersih wajah dengan kadar deterjen rendah agar kulit tidak semakin kering.

"Jika Anda memiliki kulit wajah yang sensitif, Anda dapat memakai sabun khusus yang disarankan oleh dokter kecantikan," kata dia.

Perhatikan Jenis Pencuci Wajah Sesuai Tahapan Usia Anda

Sedangkan jika Anda memiliki kulit wajah normal, menurut dia, bisa dengan mudah memilih sabun yang bersifat ringan. Sementara bagi pemilik wajah dengan kadar minyak rendah dapat memilih sabun yang sintetik deterjennya sedikit.

"Sabun tersebut memiliki tanda, yakni tidak terlalu berbusa dan setelah digunakan masih terasa licin di kulit," ucapnya.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya