Wajib Tahu, Tips agar Riasan Wajah Tak Cepat Luntur

Ilustrasi wanita pakai makeup.
Sumber :
  • REUTERS/David Mdzinarishvili

VIVA.co.id – Makeup atau riasan wajah menjadi andalan kebanyakan wanita untuk tampil mempesona di setiap kesempatan. Tapi, seringkali masalah riasan yang tak tahan lama menjadi hal yang menyebalkan.

Polisi Sebut Wanita yang Ditemukan Tewas di Dermaga Pulau Pari Kerja Open BO

Musuh riasan wajah sehari-hari bagi wanita aktif seperti keringat, polusi, sinar matahari, debu, dan ketika makan atau minum, membuat riasan cepat menghilang dari wajah. Karenanya, wanita perlu mengetahui trik khusus agar riasan tetap menempel sempurna tanpa terhapus dari wajah.

Seorang blogger kecantikan ternama dengan pengikut lebih dari 80 ribu di Instagram berbagai tips mengaplikasikan riasan agar tak mudah luntur.

Terkuak, Ini Identitas Mayat Perempuan dengan Wajah Hancur di Dermaga Pulau Pari

Blogger dengan akun bernama @thelipstickmaniaaa ini menuturkan, agar riasan tahan lama, yang pertama dilakukan adalah menggunakan skincare atau produk perawatan kulit wajah. Kemudian, agar riasan menempel sempurna di kulit, biarkan produk yang digunakan meresap, sebelum mengaplikasikan riasan.

"Biasanya skincare itu masih ada residu di kulit, itu aku angkat dengan tisu dahulu. Setelah itu pakai setting spray yang bisa membantu menahan minyak, kemudian dilanjutkan dengan pakai base primer, concealer, dan foundation," ujar blogger bernama Hellua saat ditemui di Hotel Grand Hyatt, Jakarta, Selasa, 10 Januari 2017.

Viral Terekam Seorang Wanita Diam-diam dan Santai Merokok di Dalam Pesawat

Salah satu trik yang digunakan Hellua agar riasan menempel dengan sempurna di kulit adalah dengan menggunakan makeup blender yang sudah tidak terpakai. Makeup blender tersebut dirobek, bukan dipotong, agar teksturnya tidak rata sehingga bisa mencapai celah-celah kulit yang juga tidak rata.

Selain itu, agar lebih menempel dengan baik, Hellua juga membasahi dahulu makeup blender-nya dengan setting spray.

"Kalau sehari-hari biasanya aku pakai bedak dengan dua shade. Pertama untuk bawah mata dengan shade yang lebih cerah, dan untuk muka, warnanya lebih gelap," katanya menjelaskan.

Untuk mengaplikasikannya, Hellua biasanya menggunakan kuas besar. Supaya bedak tahan lama, Hellua akan membasahi dahulu kuasnya menggunakan setting spray. Terutama untuk bagian bawah mata yang cenderung lebih cepat cracking atau pecah.

Kemudian, riasannya disempurnakan menggunakan highlighter. Sekali lagi, kuasnya ia basahi terlebih dahulu dengan agar membuat kesan shimery.

Sedangkan untuk membuat kesan tulang pipi yang lebih kurus, Hellua menggunakan contour wajah. Teknik contour ini juga penting bagi para pecinta selfie untuk memberikan kesan tampilan wajah yang lebih tirus.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya