Pemicu dan Cara Atasi Jerawat di Leher

Leher wanita
Sumber :
  • Pixabay/Barbora Chalupova

VIVA.co.id – Apakah Anda memiliki jerawat di leher dan pernah berusaha menyembunyikannya dengan menerapkan concealer berulang kali atau menutupinya dengan rambut? Kondisi ini cukup mengganggu dan membuat Anda merasa tidak nyaman.

Bikin Gak Pede, Ini 10 Penyebab Jerawat di Pipi dan Cara Mengatasinya

Ada banyak faktor yang menyebabkan munculnya jerawat di leher. Salah satunya produk perawatan rambut yang tidak tepat. Namun, ada faktor lain yang dapat memicu tumbuhnya jerawat pada area tersebut.

Dikutip dari Times of India, ahli kulit dan bedah laser di Mumbai, Dr. Apratim Goel mengatakan, bahwa kulit di leher lebih tebal daripada wajah, sehingga menghasilkan lebih banyak minyak. Dan kulit berminyak lebih rentan berjerawat.

Wajib Tahu, 5 Langkah Tepat Merawat Kulit Berjerawat

Penyebab lainnya adalah karena iritasi. Kemeja berkerah, rajutan dan turtleneck yang menggesek kulit leher yang bercampur dengan keringat dan kotoran dapat menyebabkan dan memperburuk jerawat di leher. "Untuk menghindari gesekan, sebaiknya tidak memakai pakaian dengan kerah ketat dan berbahan kasar," katanya.

Dan perlu diketahui bahwa rambut Anda juga bisa menjadi penyebab jerawat di leher. Rambut berminyak dan berketombe dapat mentransfer minyak dan ketombe dari rambut ke leher serta dapat menyebabkan pori-pori tersumbat, yang pada akhirnya menyebabkan munculnya jerawat.

Cara Jitu Atasi Jerawat sampai Hilangkan Bekasnya, Cukup Pakai Tomat

Untuk mencegah hal itu, Goel menyarankan untuk mengubah produk perawatan rambut demi mengobati jerawat dan mengurangi minyak di rambut. Selain itu, bantal yang kotor, tali bra, dan keringat berlebihan dapat meningkatkan produksi sebum. Untuk mencegah munculnya jerawat, dianjurkan untuk mandi setelah bekerja dan gunakan sabun dengan kandungan asam salisilat untuk mengontrol jerawat di tubuh. (mus)

Ilustrasi jerawat

Ponsel hingga Seprei, 5 Kebiasaan Ini Picu Jerawat

Masalah jerawat bisa terjadi pada siapa pun dan faktor penyebabnya juga sangat beragam. Tak sedikit yang menyadari bahwa beberapa kebiasaan kecil bisa menimbulkannya

img_title
VIVA.co.id
4 November 2021