Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 21 Maret 2017 | 08:10 WIB
  • Tips Merawat Wajah untuk Kulit Berjerawat

  • Oleh
    • Irfan Laskito,
    • Linda Hasibuan
Tips Merawat Wajah untuk Kulit Berjerawat
Photo :
  • Pixabay/ Kjerstin_Michaela
Jerawat.

VIVA.co.id – Masalah pada kulit seringkali menjadi sesuatu hal yang tidak ada habisnya. Untuk itu, perawatan kulit yang dilakukan haruslah rutin dan berkesinambungan.

Untuk mengatasi kulit yang bermasalah sebaiknya disesuaikan dengan tipe masalahnya agar kulit kembali normal. Setiap orang yang bermacam-macam pula. Nah, khusus untuk Anda yang memiliki tipe kulit wajah berjerawat dan berminyak haruslah rutin mencuci wajah minimal dua kali sehari saat mandi. 

Perhatikan juga kebersihan wajah Anda saat hendak tidur, karena jika wajah dalam keadaan kotor saat tidur, proses regenerasi sel kulit wajah bisa terganggu. Karena itulah hal ini menjadi yang paling utama dan mendasar jika jerawat pada wajah anda ingin segera hilang.

Hindari menggunakan kosmetik yang berlapis bila sedang berjerawat. Sebaiknya gunakan saja bedak tabur karena lebih ringan dan tidak mudah menutupi pori.

"Masalah pada kulit yang paling rentan itu adalah jerawat. Anda harus rutin mencuci wajah minimal dua kali sehari saat mandi dan hindari menerapkan make-up berlebih," ujar dr. Sari Chairunnisa, SpKK kepada VIVA.co.id.

Dia menuturkan bahwa hindari juga mengonsumsi makanan yang memicu timbulnya jerawat, seperti ayam yang disuntik hormon androgen. Sebab, meningkatnya hormon androgen di tubuh dapat memproduksi minyak berlebih yang menyebabkan jerawat semakin parah.

Sebaiknya konsumsilah suplemen zinc karena dapat membantu untuk mengendalikan produksi minyak di kulit Anda. Istirahat dan olahraga yang cukup pun penting untuk mengembalikan hormon normal Anda sekaligus menyeimbangkannya.

Batasi makanan pedas, berlemak dan berminyak. Serta perbanyaklah mengonsumsi sayur dan buah-buahan.

"Saya sarankan sebaiknya mereka yang memiliki kulit berjerawat haruslah cukup istirahat dan olahraga. Serta mengonsumsi banyak sayur-sayuran dan air putih," ucapnya. (ase)