Hydrocolloid Ampuh Atasi Jerawat Meradang

Jerawat sering dialami oleh wanita.
Sumber :
  • doctoroz

VIVA.co.id – Jerawat menjadi salah satu masalah kulit yang menjengkelkan. Meski kecil, tapi jerawat butuh penanganan yang hati-hati agar tidak meninggalkan bekas.

Bikin Gak Pede, Ini 10 Penyebab Jerawat di Pipi dan Cara Mengatasinya

Saat ini memang tersedia banyak perawatan untuk mengatasi jerawat dengan efektif. Salah satu yang mulai banyak digunakan adalah hydrocolloid yang hadir dalam bentuk patch.

Hydrocolloid diklaim dapat mengurangi kemerahan dan inflamasi pada jerawat, sehingga membantu proses penyembuhan jerawat dengan lebih cepat.

Wajib Tahu, 5 Langkah Tepat Merawat Kulit Berjerawat

"Hydrocolloid membantu menyerap cairan nanah maupun sebum yang berlebihan, sehingga infeksi dan kemerahan bisa berkurang," kata Nurhayatini, Product Manager PT Natural Nutrindo saat peluncuran Acne Patch Derma Angel di Wyl's Kitchen, Jakarta, Selasa, 21 Maret 2017.

Bahkan efektivitas hydrocoolloid dalam mengatasi jerawat sudah teruji klinis melalui pengamatan yang dilakukan oleh BenQ Medical Center di Fakultas Kedokteran Penyakit Kulit, Universitas Nanjing, China pada tahun 2012.

Cara Jitu Atasi Jerawat sampai Hilangkan Bekasnya, Cukup Pakai Tomat

Penelitian tersebut mengevaluasi tingkat keamanan dan efektivitas secara klinis dari hydrocolloid untuk mengatasi permasalahan jerawat dengan tingkat peradangan ringan dan sedang. Dalam penelitian ini dilakukan pengamatan terhadap 120 orang yang dibagi dalam dua kelompok, yaitu eksperimen dan kontrol dengan metode secara acak.

"Hasil yang didapat setelah empat minggu penelitian menegaskan bahwa hydrocolloid terbukti lebih efektif dibandingkan tretinoin krim," ujar Tini.

Ilustrasi jerawat

Ponsel hingga Seprei, 5 Kebiasaan Ini Picu Jerawat

Masalah jerawat bisa terjadi pada siapa pun dan faktor penyebabnya juga sangat beragam. Tak sedikit yang menyadari bahwa beberapa kebiasaan kecil bisa menimbulkannya

img_title
VIVA.co.id
4 November 2021