Tips Memilih Sepatu Hak Tinggi yang Nyaman

Ilustrasi stiletto atau sepatu hak tinggi
Sumber :
  • REUTERS/Yves Herman

VIVA.co.id – Memilih sepatu hak tinggi yang tepat dan nyaman tidak hanya penting untuk menyesuaikan dan menopang bentuk tubuh. Manfaat lainnya, juga penting untuk kesehatan, dan menghindari dari terjadinya cedera ketika menggunakannya.

Lama Berdiri di Transportasi Umum, Deret Bahaya Ini Mengintai

Nike Nuraini, Collection Manager Ladies, PT Sepatu Bata mengatakan, menempatkan terlalu banyak tekanan pada kaki depan dan setelah penggunaan jangka panjang dapat menyebabkan pembengkakan atau bahkan deformasi kaki.

Untuk itu, pihaknya, baru-baru ini menciptakan terobosan yang disebut teknologi insolia dalam memproduksi alas kaki. Teknologi ini kata Nike didasarkan pada sebuah pad di bagian dalam sepatu yang membantu untuk menyelaraskan berat antara tumit dan jari kaki.

Awas, Sering Pakai High Heels Picu Varises di Kaki

"Insolia ini menyelaraskan berat antara tumit dan jari kaki dengan tepat yang memungkinkan pengguna mengenakan sepatu hak tinggi tiga kali lebih lama," kata Nike, saat ditemui di Supermall Karawaci, Tangerang.

Nike melanjutkan, selain menjadi sangat nyaman, Insolia juga memiliki pengaruh positif pada kesehatan pemakainya. Kata Nike, teknologi baru ini mengurangi tekanan pada bagian depan sepatu hingga hampir 30 persen.

Sering Pakai High Heels, Bahaya Osteoporosis Mengintai

"Oleh karena itu, teknologi ini membawa bantuan tidak hanya untuk jari-jari kaki dan lengkungan, namun lutut dan betis tidak terlalu terbebani," kata Nike.

Nike juga menuturkan, dengan berjalan kaki itu sendiri akan mengurangi rasa lelah secara fisik, menurunkan denyut jantung dan konsumsi oksigen berkurang sebesar 25 persen rata-rata, yang berarti tubuh memproduksi lebih sedikit keringat.

"Stabilitas secara signifikan lebih baik. Tulang belakang jauh lebih tegak, yang membuat kesan menjadi lebih tinggi dan lebih sehat," ungkap dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya