Teori Ilmuwan soal Warna Gaun yang Pernah Viral

Gaun sama yang dilihat dengan warna beda
Sumber :
  • Tumblr

VIVA.co.id – Masih ingat perdebatan yang sempat menjadi viral di media sosial soal warna gaun antara putih dan emas atau biru dan hitam pada tahun 2015 lalu? Dan kini, muncul teori mengapa kita melihat dua warna yang sama sekali berbeda dari foto yang sama.

Unik, Ibu Ini Dandani Anaknya dengan Bahan Dapur

Studi terbaru dari NYU menunjukkan hubungan yang mengejutkan antara melihat di malam hari dan bangun pagi serta warna yang mereka lihat pada gaun itu. Setelah foto gaun cocktail itu menjadi viral di media sosial, ilmuwan menawarkan penjelasan yang potensial kenapa kita melihat dua warna berbeda dalam satu gaun serupa.

Dikutip dari Glamour, jawabannya adalah otak. Otak manusia membuat asumsi sadar mengenai kondisi di mana  itu gambar dilihat. Dengan kata lain, mereka yang melihat gaun putih dengan garis emas diasumsikan gambar dilihat dalam cahaya alami dan mereka yang melihat gaun biru bergaris hitam, gambar diasumsikan dilihat dalam cahaya buatan.

4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa

Namun, sebuah studi terbaru yang dirilis minggu ini dalam Journal of Vision menunjukkan bahwa waktu kita bangun dan akan tidur tampaknya berkorelasi dengan cahaya saat melihat pakaian, sehingga warna itulah yang kita tangkap.

Menurut asisten profesor psikologis klinis di NYU, Pascal Wallisch yang melakukan studi psikologi terhadap 13 ribu orang, menyatakan bangun pagi lebih mungkin melihat gaun itu dalam warna putih dan emas. Sebaliknya, yang melihat di malam hari, menyatakan warna gaun itu biru dan hitam.

Kemenhub Pastikan Mudik 2024 Lancar, Intip Daerah Tujuan Terbanyak hingga Angkutan Terfavorit

Studi Wallisch ini menduga bahwa ada keterkaitan antara orang yang bangun lebih awal akan terkena cahaya alami lebih banyak, sementara mereka yang suka tidur hingga tengah malam, terbiasa dengan cahaya buatan.

Ini merupakan korelasi, bukan sebab-akibat, namun juga bukan merupakan jawaban pasti. Menurutnya, mungkin ada faktor lain yang memengaruhi. Sementara korelasi hanya menunjukkan koneksi atau keterkaitan, tidak menarik jawaban yang sebenarnya.

Jadi jika Anda bangun pagi dan melihat gaun itu berwarna biru, Anda mungkin tidak sendirian. Bahkan studi ini pun kontradiktif, sebab penulis studi justru mengatakan dia melihat gaun itu saat malam hari dalam warna putih dan emas. Namun setidaknya, teori ini bisa sedikit memberi pemahaman soal fenomena tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya