Hati-hati Makanan Pedas Picu Jerawat

Ilustrasi kulit bermasalah
Sumber :
  • Pixabay/ Kjerstin_Michaela

VIVA.co.id – Jerawat seringkali mengganggu penampilan. Dan faktor pemicu jerawat pun sangat banyak dan beragam.

Wajah Glowing Bebas Flek Hitam dan Jerawat di Hari Raya? Simak Tips Ampuhnya!

Kendati demikian, salah satu yang paling berperan terhadap munculnya jerawat adalah pola makan. Pola makan dapat memengaruhi kesehatan tubuh, sehingga pola makan yang baik dapat memberi dampak positif untuk kulit.

"Pola makan yang baik itu bermanfaat untuk kulit. Kesehatan kulit menjadi terjaga dengan menjaga pola makan dengan baik," ujar spesialis kulit dr. Edwin Tanihaha, SpKK., kepada VIVA.co.id.

Bopeng Parah Bekas Jerawat Ternyata Bisa Disiasati Buat Dihilangkan, Begini Caranya

Dia menuturkan, makanan yang dapat memicu jerawat adalah jenis makanan yang mengandung lemak. Dan lemak cenderung terkandung di dalam makanan yang pedas.

"Untuk makanan pedas, memiliki kandungan lemak, jika dimakan berlebihan akan berisiko menimbulkan jerawat. Apalagi kalau yang memiliki genetik berjerawat," ucapnya.

Jangan Asal Obati, Ini Cara Membedakan Antara Jerawat Purging dan Breakout

Dia menuturkan, faktor genetik berpengaruh pada timbulnya jerawat. Karena itu, makanan pedas tidak disarankan berlebihan untuk dikonsumsi.

"Makanan pedas juga enggak langsung membuat kulit jerawatan, makanya dimakan secukupnya saja. Pastikan juga kebersihan kulit terus terjaga untuk menghindari lemak yang menumpuk," ujar dia. (art)

Ilustrasi wanita/marah/stres.

5 Dampak Buruk Stres Buat Kesehatan Kulit, Penuaan Dini Hingga Bikin Kusam

Stres merupakan bagian tak terelakkan dalam hidup. Namun, tahukah Anda bahwa stres dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan kulit? Berikut beberapa efeknya.

img_title
VIVA.co.id
5 April 2024