Sembilan Item Fesyen yang Berefek Buruk bagi Kesehatan

Ilustrasi sepatu hak tinggi di dalam rumah
Sumber :
  • Pixabay/Simonlees

VIVA.co.id – Hampir semua orang pasti suka mengenakan pakaian dengan tren terbaru. Tapi, terkadang banyak orang yang rela menahan sakit demi terlihat keren.

5 Motor Vespa Bersolek di Indonesia Fashion Week 2024

Anda juga pastinya menyadari dan tahu bahwa pakaian trendi Anda tidak selamanya bersahabat dengan tubuh. Berikut ini adalah pengaruh kesehatan yang bisa ditimbulkan dari pakaian yang Anda kenakan seperti dilansir laman Times of India.

Jeans sangat ketat

Kolaborasi BPJPH, Industri Tekstil dan Designer Luncurkan Indonesia Global Halal Fashion

Bahan denim yang sangat ketat dapat menyebabkan kesemutan dan mati rasa di kaki Anda. Rasa ketat di sekitar pinggang juga menyebabkan kondisi seperti asam lambung yang meningkat. Bahkan, dalam kondisi yang ekstrem bisa menyebabkan sindrom kompartemen, yaitu tekanan yang berlebihan pada bagian tubuh tertentu karena jaringan tubuh yang membengkak.

Rok ketat

Ramadhan Datang Lagi, Ashanty Ketagihan Jualan Live

Rok ketat yang melingkar di pinggang dapat menyebabkan masalah pernapasan, meski tidak sama tapi mirip dengan masalah yang timbul karena bra yang sangat ketat.

Pakaian dalam jenis thong

Pakaian dalam ini tidak baik jika dikaitkan dengan kesehatan daerah kewanitaan Anda. Jenis pakaian dalam ini telah terbukti bisa menyebabkan infeksi saluran kencing dan juga memperlambat penyembuhan infeksi. Jika digunakan hampir setiap hari, atau jika orang yang mengenakannya sensitif, bisa menimbulkan wasir.

Bahan pakaian beracun

Sebuah laporan dari Greenpeace mengungkap kalau kain yang digunakan sebagian besar merek pakaian internasional diwarnai dan diproses dengan cara yang bisa menyebabkan gangguan hormon di tubuh kita. Bahkan, beberapa kain itu sangat buruk hingga dapat menyebabkan kanker ketika terurai di alam. Salah satu solusi terbaik untuk menghindarinya adalah dengan menggunakan bahan lokal yang didapat dari penjual terpercaya.

High heels

Menggunakan sepatu hak tinggi bisa berpengaruh buruk pada punggung, tulang belakang, dan kesehatan lutut yang bisa menimbulkan masalah kesehatan pada betis Anda.

Sepatu hak lancip

Sepatu ini bisa memberikan tekanan berlebih pada jempol kaki Anda dan bisa menyebabkan jempol kaki bengkak dan menimbulkan neuroma, yaitu tekanan pada saraf antara jari kaki Anda.

Aksesori berat

Aksesori seperti anting yang berat bisa membuat lubang tindikan Anda melebar dan bisa menimbulkan rasa sakit yang sangat, beberapa jam setelah mengenakannya. Sementara kalung yang terlalu berat bisa menimbulkan tulang belakang Anda sakit dan menegang. Jika Anda punya masalah dengan tengkuk, mengenakan kalung seperti ini bisa memperparah kondisi Anda.

Salah ukuran bra

Mengenakan bra dengan ukuran salah bisa sangat berbahaya dibandingkan tidak mengenakan bra. Ukuran bra yang salah bisa merusak saraf, menimbulkan masalah postur, rasa sakit di sekitar leher, pundak, dan punggung, dan payudara menurun. Ketika Anda mengenakannnya, Anda juga bisa mengalami masalah pernapasan dan kenyamanan.

Pakaian untuk membentuk tubuh

Mengenakan pakaian ini mungkin bisa menyembunyikan perut bergelambir Anda, tapi bisa berakibat buruk pada kesehatan Anda. Ketika Anda mengenakannya, organ Anda akan berada dalam tekanan yang bisa menimbulkan berbagai masalah. Jika Anda mengenakannya terus menerus atau dalam durasi yang lama, Anda bisa mengalami kenaikan asam lambung, heartburn, bahkan dalam kasus ekstrem bisa menderita kerusakan saraf. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya