Baju dengan Pola Garis Bisa Picu Sakit Kepala

Baju bergaris
Sumber :
  • Pixabay/CC0 Public Domain

VIVA.co.id – Baju dengan pola garis-garis menjadi salah satu yang disuka pencinta fesyen lantaran dapat memberi kesan berbeda. Namun tahukah Anda ternyata baju dengan pola tersebut bisa memicu sakit kepala.

Hati-Hati Tanda Saraf Kejepit yang Jarang Disadari Masyarakat

Peneliti menemukan adanya kaitan antara baju atau kaus dengan pola garis dengan sakit kepala. Beberapa pola statis seperti bar dan garis bisa memberi efek negatif.

Bahkan, pola garis-garis diyakini dapat menyebabkan masalah dalam otak orang yang sehat. Para peneliti di University Medical Centre (UMC) Utrecht di Belanda mengatakan, meningkatnya aktivitas otak terjadi ketika melihat pola tersebut dan bisa memicu timbulnya sakit kepala.

Mengerikan! 5 Bulan Sakit Kepala, Ternyata Ada Sumpit Masuk ke Otak Pria Ini

Tim penelitian tersebut menyatakan, temuan mereka bisa menjadi bahan pertimbangan untuk arsitek dan desainer. Temuan itu bisa membantu mereka yang sensitif terhadap migrain.

"Temuan kami menyiratkan bahwa dalam merancang bangunan, mungkin penting untuk menghindari jenis pola visual yang dapat mengaktifkan sirkuit ini dan menyebabkan ketidaknyamanan, migrain, atau kejang," kata Dora Hermes dari UMC, seperti dikutip dari Metro.

Kepala Kesemutan Tanda Gejala Serangan Stroke, Benarkah?

Dia menambahkan, bahkan orang yang sangat sehat pun mungkin bisa merasa tidak nyaman setelah melihat gambar yang paling mungkin memicu kejang pada penderita epilepsi yang sensitif pada cahaya terang tersebut.

Dengan meletakkan elektroda kecil pada kulit kepala, peneliti dapat mengukur pola berulang dari aktivitas otak saat orang melihat pola garis. Para peneliti UMC mengatakan bahwa pola garis menghasilkan gamma osilasi atau gelombang otak frekuensi tinggi yang kuat, sementara yang lain seperti cloudscapes atau pemandangan alam tidak.

Ilustrasi minum air/air putih.

Jangan Bingung Lagi, Segini Kebutuhan Air Putih Berdasarkan Usia dan Jenis Kelamin

Dokter spesialis gizi dr. Diana Felicia Suganda, M.Kes, Sp.G.K, menjelaskan, pentingnya mengonsumsi air putih agar hidrasi dan kesehatan pada tubuh tetap terjaga baik.

img_title
VIVA.co.id
19 Februari 2024