Trik Jitu Singkirkan Kulit Wajah Kusam

Ilustrasi wanita bercermin.
Sumber :
  • Pixabay/Claudioscot

VIVA.co.id – Kulit kusam sering menjadi keluhan banyak orang, khususnya kaum wanita aktif di Ibu Kota. Padahal, tidak sulit untuk mengatasi kulit kusam akibat paparan matahari dan polusi.

Sering Kelupaan Bersihkan Makeup? Hati-hati, Ini Bahaya yang Mengintai Anda

Ahli kulit, dr. Yunira Safitri, SpKK, mengatakan bahwa untuk membuat kulit kembali cerah, ada tiga rangkaian perawatan kulit dasar yang harus dimiliki, yakni pembersih wajah atau facial wash, krim harian dengan SPF dan krim malam yang mencerahkan.

"Masing-masing dari tiga rangkaian itu, harus dipilih berdasarkan kandungannya yang tepat," ujar dia dalam peluncuran Khalisa Skin Care di kawasan Senopati, Jakarta, Kamis, 18 Mei 2017.

Jerawat Beruntusan Ganggu Penampilan, Formula Herbal Punya Kiat Penyembuhan

Dia menyarakan, facial wash yang dipilih harus memiliki tingkat keasaman atau pH seimbang. Sebab, pH yang berlebihan akan membuat kulit menjadi kering.

"Sabun yang dipilih harus memiliki pH seimbang atau yang mendekati kadar kelembapan kulit. Kalau pilih yang tidak seimbang, kelembapan kulit bisa hilang," kata dia.

Ikuti 7 Tips Ini Bikin Wajah Glowing dan Sehat Bak Artis Korea

Sementara pemakaian kriam harian dengan kandungan SPF diharuskan guna menjaga kulit dari bahaya sinar matahari di Indonesia, yang cenderung beriklim tropis. Aplikasinya juga sebaiknya berulang, terutama bagi mereka yang aktif di luar ruangan.

Untuk krim malam, dia menyarankan untuk memilih krim dengan kandungan yang mencerahkan. Dan dari semua produk yang tersedia di pasaran, dia menyarankan untuk memiliki ekstrak bahan alami karena membuat kulit cerah alami.

"Skincare alami biasanya menggunakan ekstrak bahan alami yang sering dipakai dan memang berkhasiat. Misalnya bengkuang, lemon, water lily, madu, bearberry, dan lidah buaya," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya