Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 16 Juni 2017 | 14:01 WIB
  • Trik Tampil Modis dengan Busana Preloved di Hari Raya

  • Oleh
    • Jujuk Ernawati,
    • Rintan Puspitasari
Trik Tampil Modis dengan Busana Preloved di Hari Raya
Photo :
  • VIVA.Co.id/Rintan Puspitasari
Model dengan busana preloved

VIVA.co.id – Tidak ada salahnya mengenakan busana baru di hari Raya. Namun, tak perlu harus baru, lantaran busana lama, atau bekas (preloved) juga bisa membuat penampilan modis dan istimewa saat menyambut Idul Fitri.  

"Kita ingin selalu mencoba gaya baru, sehingga sering kali terus mencari baju baru. Hal ini dapat menyebabkan konsumsi yang berlebihan," kata Ana Octarina, pengamat fesyen Indonesia dalam acara Carousell Runway Fashion Show Preloved di Jakarta Selatan, Kamis malam, 15 Juni 2017.

Menurutnya, baju-baju preloved tetap bisa membuat seseorang tampil modis, sekaligus berhemat. Erich Al Amin, fashion stylish selebriti terkenal seperti Raisa hingga Luna Maya, menambahkan bahwa kunci tampil modis di Hari Raya dengan busana preloved adalah pada mata yang jeli dalam mencari barang-barang yang diinginkan dan menguasai seni mix and match.  

Jika Anda tertarik tampil maksimal di Hari Raya dengan pakaian preloved, yuk intip contekannya dari Erich.

Stylish = out of the box

Rok tidak harus dijadikan bawahan dan kemeja tidak harus dijadikan atasan. "Ada berbagai macam cara dalam mendapatkan gaya yang stylish, dengan berpikir secara out of the box," ujar Erich.

Menurutnya, beberapa orang main aman mengenakan busana putih atau hitam saja. Menurut dia, jika pintar cari referensi bisa main warna, dan menemukan model vintage atau tidak lazim.

Model dengan busana preloved

Fesyen = kreatif

Selain baju preloved yang Anda miliki, Anda juga bisa membelinya di toko barang preloved. Salah satu tantangan dalam berbelanja barang fesyen di preloved marketplace adalah mencari ukuran yang pas. Namun, sebetulnya baju-baju yang tidak sesuai dengan ukuran bisa mendorong kreativitas dan kemampuan Anda dalam mix and match busana.

"Fashion should be fun, jangan takut coba yang baru dan keluar dari zona nyaman," ucapnya.

Contohnya, kaus hitam polos berukuran besar dapat menjadi sebuah little black dress simple yang enak dipandang apabila ditambahkan dengan aksesori ikat pinggang, serta scarf bercorak. Selain itu, jeans berukuran besar bisa disesuaikan dengan menjahit elastic band pada bagian pinggang dalam jeans tersebut.

Fesyen preloved untuk berbagai acara

Dengan memiliki kreativitas, fesyen preloved dapat digunakan untuk berbagai kesempatan, baik itu kasual, formal, atau pakaian kerja. Kuncinya adalah kombinasi warna, corak, dan jenis pakaian. Contohnya, gaun preloved untuk bekerja dapat menjadi lebih kasual apabila dipadukan dengan outerwear denim.

Dengan mix and match yang tepat, Anda bisa mendapatkan berbagai gaya hanya dengan menggunakan satu pakaian dasar. Misalnya, kaftan putih polos bisa dilengkapi dengan aksesori, seperti kalung dan anting-anting.

"Kalau berhijab, usahakan ada payetnya dalam kaftan putih," kata dia.

Namun, dia menambahkan, sama seperti busana baru, pemilihan busana preloved sebaiknya disesuaikan dengan kepribadian Anda. Selain itu, terpenting selain modis, sebaiknya perhatikan kesopanan dalam berbusana di Hari Raya. (asp)