Amankah Sabun Batangan untuk Wajah?

Ilustrasi sabun
Sumber :
  • Pixabay/Carlo Sardena

VIVA.co.id – Menjaga kecantikan kulit memang terbilang susah-susah gampang. Dan kebanyakan dari pria maupun wanita tak cukup mengetahui tentang pemilihan sabun wajah yang baik dan benar.

Letakkan Sabun Batang di Bawah Sprei, Manfaatnya Mengejutkan

Ada banyak jenis sabun yang dapat ditemui di pasaran, seperti sabun cair, batang dan gel. Namun tahukah Anda, ternyata penggunaan sabun batangan untuk kecantikan berpotensi merusak kulit dan menyebabkan infeksi kulit.

Tidak hanya itu, gatal-gatal dan kulit kering juga bisa muncul akibat penggunaan sabun batang yang kurang tepat. Terlepas dari kandungan bahan kimianya, penggunaan sabun batang bisa menyebabkan korosi pada kulit wajah.

Nggak Mahal, 4 Trik Kulit Sehat dan Cerah Alami

“Pada dasarnya sabun jenis batangan tidak bermasalah bagi kulit tapi untuk kecantikan kulit wajah bisa menimbulkan banyak reaksi seperti korosi pada wajah. Sabun batangan juga dinilai kurang higienis," ucap dr Jonathan Raharjo Subekti SpKK dalam acara peluncuran Bioderma Hydrabio Essence Lotion dan Hydrabio Gel Creme di kawasan Jakarta Pusat, Senin malam, 19 Juni 2017.

Dia menuturkan kandungan sodium hidroksida di dalam sabun batang memang berguna untuk membersihkan tubuh dari kotoran. Meski begitu, bahan itu juga bisa membuat kulit Anda menjadi kering.

6 Kegunaan Praktis Sabun Batang, Enggak Cuma untuk Mandi

Jika Anda tetap memilih sabun batang, pastikan pilihan sabun Anda tidak mengandung alkali yang tinggi  karena dapat menyebabkan iritasi dan kulit menjadi kering. Sebaliknya, gunakan sabun batang yang mengandung banyak emolien untuk menjaga kelembapan kulit.

"Namun jika memang ingin memakai sabun batangan, pastikan pilihan sabun Anda tidak mengandung alkali yang tinggi. Itu karena dapat menyebabkan iritasi dan kulit menjadi kering," ujarnya.

Ilustrasi sabun

Sabun Batang Vs Sabun Cair, Lebih Bagus Mana?

Di Indonesia, sabun batang telah lebih dulu populer daripada sabun cair. Tapi ada perdebatan, mana yang lebih higienis di antara sabun batang dan sabun cair.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2022