Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 20 Juni 2017 | 10:57 WIB
  • Kiat agar Tak Terjebak Beli Kosmetik Berbahaya

  • Oleh
    • Jujuk Ernawati,
    • Linda Hasibuan
Kiat agar Tak Terjebak Beli Kosmetik Berbahaya
Photo :
  • Pixabay/Tremaestro
Kosmetik atau make-up.

VIVA.co.id – Setiap wanita menginginkan kulit yang sehat dan indah. Untuk itu, berbagai jenis perawatan pun dilakukan demi mewujudkan impian tersebut.

Keterkaitan wanita dan kosmetik sering kali membawa petaka bagi keindahan kulit mereka. Itu lantaran mereka kurang memahami untuk membedakan mana kosmetik yang berbahaya dan yang aman.

Dr. M. Niken Pattimahu dari NMW Skin Care mengatakan, bahwa sebelum membeli kosmetik, sebaiknya lakukan pengecekan terlebih dahulu apakah si penjual adalah distributor resmi atau bukan. Jika Anda mencarinya di situs online, pastikan Anda membeli kosmetik yang dijual oleh distributor resmi agar terhindar dari ancaman kosmetik palsu.

"Jadi apapun yang dipakai harus dicek dahulu jangan dilihat dari kemasan saja. Untuk melihat perbedaan, pastikan belinya di distibutor resmi," ujar dia kepada VIVA.co.id.

Dia menuturkan, jangan tergiur dengan harga kosmetik yang murah. Itu karena yang murah belum aman kualitasnya. Sedangkan kosmetik aman harganya cukup tinggi karena benar-benar diracik langsung oleh dokter.

Selain itu, Anda pun wajib tahu terkait apa saja zat kandungan yang ada di dalam produk kecantikan. Kosmetik yang asli biasanya aman dan tidak mengandung zat-zat berbahaya. Beberapa kandungan berbahaya itu di antaranya merkuri, timbal, bahan pewarna tekstil, paraben, dan hidrokinon.

"Jangan hanya menggunakan produknya saja tapi lihatlah kandungan zatnya. Anda harus mengenali produknya dari penulisan namanya, dan perhatikan tanggal kedaluarsa kapan dibuat dan kapan expired. Lalu lihat kode izin edarnya," ujarnya menjelaskan. (mus)