Hanung Bramantyo Ingin Pemerintah Bangun Rumah Tahan Gempa

Hanung Bramantyo
Sumber :
  • Ichsan/ VIVAlife

VIVA.co.id – Aceh diguncang gempa 6,5 skala Richter (SR) pada Rabu pagi, 7 Desember 2016. Menyoroti hal tersebut, sutradara kenamaan, Hanung Bramantyo menyampaikan rasa duka terdalam untuk semua yang merasa kehilangan akibat musibah itu.

Gempa Magnitudo 5,6 Guncang Aceh Jaya

"Pertama kaget, sedih, dan terguncang, Aceh yang dikenal sebagai Serambi Mekah, mayoritas penduduknya muslim dan kita sebagai sesama saudara berikan empati," ujar Hanung saat ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu, 7 Desember 2016.

Hanung berharap pemerintah bisa mengambil langkah selanjutnya. Bukan hanya dalam hal membantu korban, tapi juga memikirkan langkah selanjutnya untuk mengantisipasi bencana tersebut.

Empat Wilayah di Aceh Diguncang Gempa Magnitudo 5,6

"Seharusnya bisa seperti di Jepang, mereka sadar bahwa negara mereka sangat rentan gempa. Maka pemerintahnya mengharuskan bangunannya dibikin tahan gempa," kata Hanung.

Suami Zaskia Adya Mecca itu berkaca pada gempa di Yogyakarta pada 2006. Tidak ada langkah setelah itu selain dimaknai sebagai bencana.

Trending No 1, Serunya Teaser Trailer Film Satria Dewa: Gatotkaca

"Bantuan pasti perlu. Tapi yang terpenting bagaimana pencegahannya," ucapnya.

Ia juga pernah melihat rumah di Yogyakarta yang memang dibangun tahan gempa oleh orang terdahulu. Hal itu terbukti saat gempa mengguncang, bangunan tersebut tetap berdiri. Hanung berharap lebih banyak rumah yang dibangun seperti itu di daerah rawan gempa di Indonesia.

Gempa di Aceh

10 Gempa Terdahsyat di Bumi, Ada Indonesia

Saat lempeng tektonik dunia bertabrakan, menggiling, dan menukik satu sama lain, mereka melepaskan energi yang terpendam melalui gempa bumi raksasa yang dapat mengguncang

img_title
VIVA.co.id
28 Januari 2023