Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 18 Mei 2017 | 16:53 WIB
  • Chris Cornell, Legendaris Rock Sahabat Kurt Cobain

  • Oleh
    • Zahrotustianah,
    • Bobby Agung,
    • Danar Dono
Chris Cornell, Legendaris Rock Sahabat Kurt Cobain
Photo :
  • REUTERS/Chris Pizzello
Vocalis Chris Cornell AudioSlave Soundgarden

VIVA.co.id – Vokalis rock yang terkenal lewat grup musik Soundgarden serta Audioslave, Chris Cornell, meninggal dunia pada usia 52 tahun. Cornell meninggal di rumahnya, kawasan Detroit, Rabu malam waktu Amerika Serikat dan belum diketahui penyebabnya. Pihak keluarga tengah mencoba berkoordinasi dengan pihak medis untuk menindaklanjuti lebih jauh.

Cornell merupakan sosok yang berpengaruh pada linimasa perkembangan musik grunge di Seattle, dekade '90-an. Kemampuan vokalnya pun mengagumkan khalayak, yakni mencapai jarak empat oktaf.

Bersama Soundgarden, Cornell memenangkan penghargaan Grammy Awards lewat lagu Black Hole Sun dan Spoonman. Ia juga aktif di grup musik Audioslave pada awal dekade 2000-an.

Sahabat Kurt Cobain

Chris Cornell juga sahabat almarhum Kurt Cobain, pentolan band Nirvana. Selama hidupnya, Chris Cornell dan Kurt Cobain dikenal sebagai sahabat di tahun '90-an. Bahkan pertemanan mereka sempat diabadikan dalam film dokumenter kehidupan Kurt Cobain Montage of Hack. Kurt sempat bernyanyi single milik Soundgarden Outshined dengan gaya lucu dan meledek.

Kedua sahabat tersebut dikenal memiliki tipe suara khas yang punya kemiripan tapi berbeda, sama-sama punya bersuara nada tinggi.

Sebelum kepergiannya yang mendadak, Cornell baru saja tampil di sebuah panggung dalam rangka tur Amerika Serikat. Lewat jadwal yang tertulis, tur tersebut masih menyisakan 6 kota lagi yang seharusnya berakhir pada 27 Mei 2017 mendatang. Namun takdir berkata lain, sisa kota itu terpaksa harus batal.

Momen terakhir Cornell yang direkam oleh media, berlangsung saat ia menghadiri screening layar lebar The Promise. Cornell turut mengisi soundtrack filmnya dengan judul yang sama, menjadikan single tersebut sebagai karya terakhir dalam hidupnya. (ase)