Di Jepang, Wanita Hamil Kini Punya Taksi Khusus

Ilustrasi hamil.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Wanita hamil biasanya akan mendapat prioritas, mulai dari bangku hingga antrean. Namun ada kalanya mereka harus bepergian seorang diri. Yang ditakutkan adalah, saat mereka sedang bepergian, mereka mendadak membutuhkan bantuan, atau tiba-tiba mengalami kontraksi.

Pembunuhan Wanita Hamil di Kelapa Gading, Pelaku Rampas Ponsel Korban Sebelum Kabur

Beruntung bagi mereka yang tinggal di Jepang. Selama enam tahun bahkan lebih, wanita hamil di Tokyo, Jepang, telah didaftarkan untuk layanan melahirkan khusus dengan perusahaan taksi ternama. Layanan tersebut meliputi janji kontrol sebelum melahirkan, juga menempatkan mereka di antrean teratas untuk situasi mendadak saat mereka sedang bekerja.

Nihon Kotsu Co, sebuah perusahaan di Tokyo yang mulai memberikan layanan pada ibu hamil sejak tahun 2012. Mereka meminta bantuan bidan untuk mendidik para sopir taksi tentang cara melahirkan, serta menangani wanita hamil dalam perjalanan ke rumah sakit. Demikian dilansir dari laman Rocketnews24.

Pembunuh Wanita Hamil di Ruko Kelapa Gading Ditangkap

Layanan ini terbukti cukup terkenal, karena telah diterima lebih dari 20.000 pendaftar baru setahun usai diperkenalkan ke publik. Kini, banyak perusahaan lainnya yang juga memberikan layanan serupa.

Tak hanya Tokyo, kini wanita hamil di kota Marioka, juga akan bisa merasakan layanan ini. Taksi Sankyu, yang diperuntukkan khusus untuk wanita hamil diperkenalkan bulan Desember 2016 lalu, dan hingga kini banyak orang yang juga telah menggunakan layanan tersebut.

Harus Dicegah Sejak Dini, Inilah Masalah Kulit yang Rentan Dialami oleh Wanita Hamil

Selain memberikan ketenangan pada wanita hamil, konsep ‘taksi melahirkan’ ini juga membantu mengurangi layanan ambulans gratis untuk keperluan mendadak, di mana hal tersebut juga dianggap membantu meningkatkan efisiensi penggunaan kendaraan darurat di Jepang.

Ilustrasi ibu hamil

5 Makanan yang Wajib Dihindari oleh Wanita Hamil, dari Daging Mentah hingga Kafein

Hamil adalah periode yang penting dalam hidup seorang wanita, dan menjaga pola makan yang sehat adalah salah satu cara terbaik untuk memastikan kesehatan ibu dan bayi.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024