Justine Clark, Peserta Miss World Pertama Berkursi Roda

Justine Clark, peserta pertama di Miss World Australia
Sumber :
  • Facebook Pageant News Revolution

VIVA.co.id – Industri fesyen dan kecantikan memiliki standar yang sama di seluruh dunia. Namun standar itu kini sudah banyak dilanggar. Misalnya, menghadirkan model bertubuh plus, penderita down syndrome, hingga memiliki cacat wajah ke panggung mode.

Ternyata Ini Alasan Rumy Al Qahtani Ikut Miss Universe 2024 Wakili Arab Saudi

Di tengah transformasi tersebut, seorang wanita muda membuat langkah besar untuk kali pertama. Dan wanita itu adalah Justine Clark, yang membuat sejarah karena menjadi peserta pertama yang berada di kursi roda dalam ajang Miss World Australia, yang digelar beberapa waktu lalu.

Dengan mimpi untuk menjadikan runway sebagai sebuah tempat yang menerima semua wanita, terlepas dari ukuran, warna dan ras, perempuan inspiratif ini melenggang di atas catwalk pada final Miss World Australia di Adelaide.

Kronologi Miss Jepang 2024 Mengundurkan Diri Usai Selingkuh dengan Pria Beristri

Perempuan cantik yang mengalami kelainan kaki, sehingga membuat kakinya lebih pendek ini, sangat ingin berpartisipasi dalam kompetisi tersebut karena motto Beauty With A Purpose seharusnya mampu menerima itu semua.

"Saya ingin catwalk menjadi tempat yang adil dan inklusif untuk semua orang. Sebuah kursi roda tidak mendefinisikan atau membatasi saya. Saya masih bisa menjadi kuat, feminin dan cantik," kata Clark seperti dikutip dari Indian Express.

Miss Jepang Kelahiran Ukraina Lepaskan Mahkotanya Gara-gara Isu Selingkuh dengan Pria Beristri

Wanita berambut pirang ini telah menggunakan kursi roda selama kurang lebih dua tahun terakhir. Dengan kondisinya, dia ingin memberi inspirasi bagi wanita lain. "Saya ingin menjadi panutan dan memberdayakan wanita muda," kata Clark.

Mengomentari partisipasi Clark, Direktur Yayasan Miss World Australia, Deborah Miller mengatakan, keterlibatannya dalam kontes ini menunjukkan bahwa kecantikan datang dalam segala bentuk. Sayangnya,
wanita berusia 26 tahun itu tidak berhasil melaju ke tahap berikutnya.  

Namun kompetisi ini akan mengumpulkan dana untuk Variety, sebuah badan amal untuk anak-anak. Sebagian dana yang terkumpul akan didonasikan untuk anak-anak kurang beruntung di kursi roda.

 

Miss World Australia South Australian State Final ???????????? #beautywithapurpose

A post shared by Miss World Australia (@missworldaustralia) on

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya