Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 18 Mei 2017 | 18:03 WIB
  • Mengenal Permainan Tradisional Korea 

  • Oleh
    • Finalia Kodrati,
    • Shintaloka Pradita Sicca
Mengenal Permainan Tradisional Korea 
Photo :
  • http://doctorsofpopculture.blogspot.com
Hanbok, pakaian tradisional Korea

VIVA.co.id – Budaya Korea, bukan hal asing bagi masyarakat Indonesia. Justru sebaliknya, budaya Korea ini sangat populer dan familiar bagi masyarakat, mulai dari musik, drama, makanan khas hingga permainannya. Semua yang berbau K Pop, memang mudah menarik perhatian.  

Salah satu permainan tradisional Korea yang dikenal adalah tuho dan jegichagi. Tuho adalah permainan tradisional dari Korea, yang dimainkan dengan cara melemparkan anak panah, atau tongkat yang panjang, ke dalam sebuah tempayan, atau lobang dari jarak yang jauh. 

Sedangkan Jegichagi adalah permainan yang dimainkan di luar ruangan, karena permainan ini menggunakan kaki. Jegi tampak seperti shuttlecock bulutangkis ditendang. Aturan permainan jegichagi, yaitu pemain menendang jegi ke udara dan terus menendang untuk mencegah jegi jatuh ke tanah. 

Pemain yang paling banyak menendang jegi tanpa jatuh akan menjadi pemenangnya. Permainan ini biasa dimainkan di musim dingin, terutama pada Tahun Baru Imlek.

Permainan ini pun dipertunjukkan pada acara UNJ K-Food Campus Festival 2017, yang diselenggarakan oleh Korean Cutural Center, at Korea Agro-Fisheries & Food Trade Corporation, berkerjasama dengan Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

Koordinator Acara (Event Organizer/EO) Hanna Nadida mengatakan, permainan itu dipilih dalam acara, karena sangat sederhana dimainkan, dan dilakukan seorang diri maupun ditandingkan bersama dengan beberapa orang. 

Selain budaya permaianan tradisional tersebut, ditampilkan tarian tradisional pedang Korea, bernama Geommu. Tarian ini dibawakan dua wanita dari komunitas Korea asal Bandung, Hansamo. 

Lalu, dalam acara juga disediakan  booth pakaian tradisional Korea (Hanbok) untuk wanita dan pria dengan berbagai corak warna cerah. Hanbok ini disediakan oleh komunitas Korea asal Bandung, Hansamo. 

"Peserta yang datang sangat antusias. Kami menyediakan dua sesi foto, masing-masing kapasitas 100 orang. Hingga sesi dua semua kapasitasnya penuh. Jadi, tercatat ada 200 orang yang antre untuk foto dengan Hanbok. Ada cewek dan cowok," ujar salah satu pengurus inti Hansamo, Meggie Garmini. 

Perlu diketahui, acara ini juga dihadiri salah satu bintang idola Korea, Thunder. Mantan personel MBLAQ ini juga meramaikan acara tersebut. Pria bernama asli Park Sang Hyun ini bertemu fans dan juga membagi tanda tangan untuk para penggemarnya.

"Thunder di sini, hanya melakukan fans signing. Sekitar jam 14.00 sudah berakhir selesai," ucap Hanna.