Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Sabtu, 20 Mei 2017 | 07:30 WIB
  • Tips Tata Ulang Kamar, Agar Tidur Lebih Nyenyak

  • Oleh
    • Lutfi Dwi Puji Astuti
Tips Tata Ulang Kamar, Agar Tidur Lebih Nyenyak
Photo :
  • Pixabay
Ilustrasi kamar tidur

VIVA.co.id – Bagaimana kondisi kamar, ternyata bisa memengaruhi kenyamanan seseorang, saat tidur. Seperti diketahui, bagaimana kualitas tidur seringkali dihubungkan oleh masalah kesehatan.

Karena hal ini, banyak pengusaha dan desainer tempat tidur semakin inovatif. Mulai dari menciptakan tempat tidur berayun sampai selimut berat, untuk memberikan kehangatan dan kenyamanan saat terlelap.

Namun, untuk membuat tidur lebih nyenyak, bagaimana penataan ruang kamar tidur juga perlu diperhatikan. Dan, ini sangat memengaruhi bagaimana kualitas tidur Anda nantinya.

Perancang interior Kunal Mehta seperti dilansir Times of India mengatakan, "Kamar tidur adalah ruang paling mewah dan pribadi di rumah mana pun. Perhatian kamar Anda seringkali fokus pada bantal mewah dan karpet. Ternyata, dua perangkat kamar ini bisa membantu meredam kebisingan, selain terlihat hangat dan nyaman."

Agar tercipta suasana tidur yang nyaman, dan membuat kualitas tidur yang baik, berikut ide penataan ruang kamar yang bisa Anda tiru.

Pilih Warna

Gunakan warna seperti blues, hijau dan abu-abu untuk menciptakan oasis yang sejuk, karena warna ini memiliki efek menenangkan dan memberi energi positif ke ruang kamar tidur Anda.

Lampu

Unsur yang tak kalah penting untuk membuat tidur yang nyenyak adalah lampu. Tambahkan meja, atau lampu lantai di kamar tidur Anda untuk membebaskan diri dari stres dan kekhawatiran.

Buat tempat tidur pribadi

Hiasi kamar dengan kasur yang bagus. Kasur yang bagus bukan sekedar memberikan kenyamanan, tapi juga bisa jadi investasi kesehatan. Jika kasur Anda terlalu keras, atau lembut, atau kental, itu akan membuat Anda terjaga semalaman. Kebanyakan orang terbangun dengan nyeri leher dan otot karena kasurnya jelek. Sebaiknya, cobalah kasur sebelum membeli.

Tak hanya kasur yang harus dipikirkan untk membuat tempat tidur privat. Pikirkan juga bagaimana penataan lampu. Usahakan buat ruangan kamar lebih gelap. Sebab saat tidur, seseorang butuh lingkungan yang gelap dan tenang agar bisa tidur dengan nyenyak. Sebagian besar perangkat modern seperti jam digital, televisi, telepon, yang menerangi kamar tidur Anda sebaiknya dijauhkan karena bisa mengganggu tidur. Keluarkan dari kamar tidur Anda atau letakkan di laci.

Jauhkan kebisingan

Apakah kipas dan AC Anda berisik? Apakah kamar Anda terlalu panas, atau dingin? Pasang termostat yang bagus untuk mengendalikan suhu udara di kamar Anda.

Alunan musik lembut

Mainkan musik lembut, seperti lonceng angin lembut, burung berkicau, atau bahkan suara air jatuh di kamar tidur Anda. Anda bisa menyimpan suara air mancur kecil di dekat tempat tidur Anda.

Lebih hijau

Simpanlah tanaman kecil di atas meja rias, atau di samping tempat tidur untuk membersihkan udara. Hal ini juga meningkatkan kelembaban dan membantu Anda bernafas lebih baik. (asp)