Enam Proses Pernikahan India yang Unik

Ilustrasi acara pernikahan anak di India.
Sumber :
  • Reuters/Amit Dave

VIVA.co.id – Tak hanya di Indonesia, ternyata proses pernikahan di India, juga tak kalah repotnya. Negara yang dunia hiburannya mempunyai julukan Bollywood ini, mempunyai berbagai proses pernikahan yang unik.

Tragis, Mempelai Pria Tewas Tertembak di Hari Pernikahan

Berikut, enam proses pernikahan india yang unik seperti dilansir dari Hipwee dikutip oleh ANTV.

Ritual Shagun

Pesta Jadi Petaka, 24 Orang Tewas dalam Prosesi Nikah

Ritual Shagun yaitu, kunjungan ibu dari pihak pria datang menyambangi calon wanita. Ibu pihak pria akan membawakan hadiah berupa baju, sepatu, bahan pangan utama seperti beras, kacang-kacangan, perlengkapan harian yang biasa digunakan sang wanita dan perhiasan yang indah. Bersamaan dengan diantarnya hadiah ini, pada upacara Shagun akan dibicarakan tanggal pernikahan yang baik untuk kedua calon pengantin.

Ritual Pithi

Mudik Lebaran 2024 Dinilai Beri Dampak Positif untuk Perekonomian Indonesia

Ritual pithi ini melambangkan keberuntungan. Dilakukan secara terpisah di kediaman masing-masing pria dan wanita. Tradisi ini mengolesi pasta yang terbuat dari turmeric seperti tepung dan air mawar di kulit calon pengantin.

Upacara Magni

Upacara Magni yaitu upacara pertukaran cincin oleh calon pengantin. Biasanya kalau di Indonesia, prosesi ini bersamaan dengan lamaran. Jadi, sekalian lamaran dan pertunangan. Selama upacara Magni, pengantin wanita memakai baju magni.

Baca selengkapnya klik di tautan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya