Sering Kurang Tidur? Hati-hati Tak Punya Teman

Ilustrasi wanita.
Sumber :
  • Pixabay/unsplash

VIVA.co.id – Kesibukan dan stres seringkali membuat waktu tidur menjadi tak teratur. Bahkan, banyak dari mereka yang jam tidurnya menjadi berkurang.

Begadang Bisa Sebabkan Hipertensi, Ini Tips Agar Tidur Lebih Nyenyak dan Berkualitas

Menurut sebuah studi, dilansir dari laman Huffington Post, Kamis, 29 Juni 2017, kekurangan waktu tidur bisa berdampak pada orang-orang terdekat menjadi sulit mendekati Anda.

Berdasarkan riset dari 25 responden pria dan wanita yang waktu tidurnya berkisar antara empat hingga delapan jam, mereka yang jam tidurnya lebih sedikit cenderung kurang bersosialisasi dengan orang-orang di sekitarnya.

Kurang Tidur Karena Kejar Deadline Bisa Sebabkan Risiko Terjadinya Stroke

Dalam riset itu, responden pertama kali diminta tidur delapan jam selama dua malam berturut-turut. Seminggu kemudian, para peserta diminta untuk beristirahat selama dua malam berturut-turut, di mana mereka hanya tidur maksimal selama empat jam.

Hasilnya, mereka yang waktu tidurnya sedikit, kurang dapat bersosialisasi dengan baik. Kemampuan komunikasi mereka juga menjadi berkurang. Tak hanya itu, orang lain juga kesulitan bersosialisasi dengan mereka yang kurang tidur dan terlihat kelelahan.

8 Efek Kesehatan Kurang Tidur yang Sangat Mengerikan

"Temuan ini menunjukkan bahwa kehilangan waktu tidur alami dapat dideteksi pada wajah dan orang cenderung enggan untuk berinteraksi dengan individu yang kurang tidur," tulis para peneliti dalam laporan studi yang dipublikasikan di jurnal Royal Society Open Science. (one)

Ilustrasi Kelelahan, Ngantuk, bekerja

Kurang Tidur Saat Puasa, Bisa Picu Kenaikan Kadar Kolesterol, Kok Bisa?

Jam tidur menjadi lebih sedikit selama Ramadhan. Sebab, umat muslim harus bangun pada pukul 03.00 atau pukul 04.00 pagi untuk menjalankan sahur.

img_title
VIVA.co.id
22 Maret 2024