Trik Atasi Alergi Makanan

Alergi
Sumber :
  • allerair.blogspot.com

VIVAlife - Alergi atau hipersensitivitas merupakan reaksi yang terjadi akibat kegagalan sistem kekebalan tubuh. Membuat tubuh menunjukkan reaksi berlebihan terhadap lingkungan atau zat-zat yang dianggap asing (alergen).

Kondisi tersebut jamak menyerang mereka yang secara genetika memiliki bakat alergi. Pemicunya beragam. Mulai dari debu, bulu binatang, serbuk bunga, hingga jenis makanan tertentu seperti telur, susu, hingga hidangan laut atau seafood.

Dr Mark Hyman, penulis buku "The Blood Sugar Solution", mencoba memberi solusi mereka yang memiliki bakat alergi. Ia menyajikan tiga langkah mudah mengatasi alergi makanan dengan mengontrol keseimbangan sistem kekebalan tubuh, seperti dikutip Fit Sugar. 

Kontrol makanan
Coba mengubah kebiasaan konsumsi makanan selama tiga pekan. Hindari makanan yang umum menjadi penyebab alergi pada orang dewasa: gandum, produk susu, kacang-kacangan, jagung, telur, kedelai, ikan, dan ragi.

Jika Anda memilih untuk mengisolasi satu jenis alergi makanan, coba lihat daftar makanan tadi yang rentan membuat alergi. Lalu, hindari mengonsumsinya selama tiga pekan. Ini akan membantu Anda menargetkan alergi spesifik yang Anda alami. Baru setelah 21 hari, konsumsi satu jenis makanan tersebut.

Dr Hyman menyarankan untuk mengonsumsi makanan tersebut sebanyak dua atau tiga kali per hari selama tiga hari. Jika Anda menyadari adanya reaksi pada tubuh, Anda dapat mengurangi konsumsinya setidaknya selama 90 hari sebelum kembali menyantapnya.

Diet serat
Dr Hyman menyarankan konsumsi whole-foods, plant-based, atau makanan yang mengandung serat tinggi. Ini untuk memberi makan bakteria baik di sistem tubuh, agar dapat menangani dan memperbaiki fungsi sistem pencernaan dengan baik.

Konsumsi probiotik
Ini adalah tambahan yang dapat meningkatkan kesehatan sistem tubuh Anda. Efektif meningkatkan fungsi melawan penyakit. Prebiotik mengandung 10 miliar CFU spesies bifidobacteria dan spesies lactobacillus yang paling bermanfaat untuk melawan efek keracunan dan inflamasi. (art)

Motor Baru Jangan Sampai Kehabisan Bensin, Risikonya Besar
Pertemuan Prabowo Subianto dengan Muhaimin Iskandar Usai Pemilu 2024

Sinyal PKB Merapat ke Prabowo, Presiden PKS: Kita Hormati Keputusan Pak Muhaimin

Muhaimin Merapat ke Prabowo, Presiden PKS: Kita Hormati Keputusan Pak Muhaimin

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024