Waspadai, Diabetes Sebabkan Gangguan Pendengaran

ilustrasi gangguan pendengaran
Sumber :
  • futurity.com

VIVAlife - Selama bertahun-tahun, kita banyak diperingatkan bahwa diabetes bisa menyebabkan kebutaan, jika tidak dikontrol dengan baik. Peringatan terbaru, ternyata diabetes juga memungkinkan penderitanya kehilangan pendengaran. Peneliti Jepang telah menemukan bahwa masalah pendengaran, jauh lebih sering terjadi pada penderita diabetes, dibandingkan pada mereka yang sehat. 

5 Polisi di Kolaka Ditangkap karena Keroyok Warga hingga Babak Belur, Kapolres Minta Maaf

Dikutip Daily Mail, peneliti dari Niigata University, Chika Horikawa, mengatakan, "Kami menemukan bahwa orang dengan diabetes, memiliki prevalensi dua kali lebih tinggi gangguan pendengaran dibandingkan mereka yang tidak diabetes." 

Horikawa menjelaskan bahwa kadar glukosa yang tinggi dalam tubuh, dari waktu ke waktu dapat merusak pembuluh darah, yang menyebabkan gangguan pendengaran. Diperkirakan bahwa glukosa merusak saraf dan jaringan di telinga, sehingga kemampuan untuk mendengar semakin menurun.

Kunjungan ke Jepang, Sekjen Kemnaker Terus Berupaya Tingkatkan Kerja Sama Pengembangan SDM

"Hasil penelitian kami mengusulkan bahwa pasien diabetes juga harus diperiksa untuk kemungkinan adanya gangguan pendengaran. Selain pencegahan pada beberapa masalah kesehatan lain seperti depresi dan demensia," jelas Horikawa.

Penelitian di Amerika pun menemukan, bahwa wanita cenderung menderita gangguan pendengaran jika mereka terkena diabetes. Namun studi, dari Henry Ford Hospital di Detroit, menunjukkan bahwa semua orang, baik pria atau wanita, terlepas dari usia, dan diabetes, akan mengalami gangguan pendengaran.

Respons Surya Paloh Soal Waketum Nasdem Sambangi Rumah Prabowo Subianto Malam Ini
Enam tersangka yang terjerat dugaan kasus narkoba di Jaksel

Selebgram Chandrika Chika Terjerat Kasus Narkoba Karena Isap Rokok Elektrik Rasa Ganja

Dari keenam orang yang jadi tersangka diantaranya adalah selebgram yakni Chandrika Chika.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024