Fakta di Balik Tumpahnya Air Mata

Adele
Sumber :

VIVAlife - Tangisan tak selalu menggambarkan kesedihan. Perasaan bangga dan bahagia juga bisa dengan mudah membuat tumpahnya air mata. Tak hanya soal perasaan, kondisi fisik mata seringkali jadi penyebab mata menjadi basah.

Bahkan, air mata juga bisa membuat luka dan memicu rasa perih di kulit. Ada banyak fakta seru di balik air mata Anda. Penasaran ingin mengetahuinya?

Jangan sampai kering

Cairan asin yang kita kenal sebagai air mata merupakan campuran air, minyak, dan lendir. Air dihasilkan oleh kelenjar lacrimalis di sudut mata, sedangkan minyak berasal dari 30-40 kelenjar meibomian yang ada di kelopak mata. Perannya adalah untuk menutupi air dan mencegahnya menguap terlalu cepat.

Untuk lendir ini dibuat oleh sel goblet konjungtiva pada permukaan mata, dan membantu mengikat air mata. Keseimbangan dari tiga komponen halus tersebut harus selalu terjaga.

"Jika kita tidak memiliki jumlah yang tepat dari satu atau lebih, bisa mengarah pada lapisan air mata tidak stabil," kata Geoffrey Rose, seorang dokter mata, dikutip dari Daily Mail.

Mata kering adalah gangguan yang sering terjadi dan membuat mata terasa perih serta pegal. Ini terjadi ketika kadar air, minyak atau lendir terlalu sedikit.
 
Tangis di dapur tanda mata sehat

Arus Mobil saat Mudik 2024 Meningkat, Astra Infra Siapkan Hal Ini

Jangan menghindar jika Anda mendapat "tugas" mengiris bawang. Aktivitas satu ini bisa jadi semacam tes pada mata Anda. Jika mata jadi berair, pertanda respons dan kondisinya dalam keadaan baik.

Sebenarnya ada tiga tipe tangisan. Pertama, air mata basal yang keluar untuk menjaga mata selalu dalam keadaan lembap. Kedua, air mata refleks, yang keluar untuk merespons iritan seperti ketika terasa perih, karena bawang atau ketika mata terkena debu. Lalu, yang ketiga, air mata emosi, ketika kondisi emosi sedang sedih atau bahagia.

Meskipun ingin, pria sulit menangis

Hal yang membuat pria sulit menangis, selain karena tuntutan lingkungan, juga karena hormon. Testosteron diketahui jadi penghambat tangisan pada pria. Hormon ini membuat pria lebih menahan emosinya.

Tapi, jika sudah tak tahan, air mata pun akan turun dengan sendirinya. Semua air mata dikendalikan oleh sistem saraf otonom, yang mengatur proses tubuh termasuk detak jantung dan pencernaan.

Sisi parasimpatis dari sistem saraf yang dipicu oleh emosi, menyebabkan kontraksi dalam kelenjar lakrimal. Teorinya, dengan menangis, membantu seseorang jadi lebih rileks. Menurut Profesor Ad Vingerhoets, ahli dalam bidang saraf mata, seseorang cenderung banyak menangis ketika putus asa.

"Air mata membantu seseorang memberitahu orang lain bahwa dia membutuhkan bantuan. Manusia adalah satu-satunya spesien yang memproduksi air mata emosional," kata Profesor Ad Vingerhoets. (art)

Kegiatan kelompok usaha PT Bumi Resources Tbk.

BUMI Resources Cetak Laba Bersih US$117,4 Juta di Tahun 2023

PT Bumi Resources Tbk (BUMI) mencatatkan pendapatan secara konsolidasian mencapai US$6,57 miliar di sepanjang tahun 2023. Tercatat, bahwa pendapatan BUMI berdasarkan PSAK

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024