Payung Tangkal Sinar Ultraviolet Hingga 99 Persen

Ilustrasi Wanita dengan payung
Sumber :
  • iStockphoto

VIVAlife - Payung adalah salah satu benda yang identik dengan musim hujan. Orang lebih banyak menggunakan payung saat hujan ketimbang ketika Matahari terik.

Suami Bunuh Istri dan Tikam Pria Selingkuhan Gegara Pergoki Chatingan Mesra

Padahal, fungsi payung tak melulu sebagai pelindung kala hujan. Benda praktis yang bisa dilipat ini ternyata memiliki manfaat yang jauh lebih besar bagi kulit.

Dalam penelitian yang dilakukan para ahli dermatologi di Emory University, Atlanta, payung ternyata sangat ampuh menangkal dan melindungi kulit dari sinar ultraviolet (UV). Mulanya, Dr. Suephy Chen dan rekan-rekannya ingin mengetahui apakah payung benar-benar mampu menghalau sinar UV.

Para peneliti kemudian mengumpulkan 23 payung dari orang-orang di sekolah medis mereka. Satu payung yang digunakan dalam penelitian ini adalah payung untuk musim hujan. Sementara itu, sisanya payung untuk pelindung dari Matahari.

Pada pagi yang cerah di bulan April, peneliti ini menggunakan perangkat untuk mengukur radiasi UV di bawah masing-masing payung dan di bagian hidung orang yang menggunakannya.

Hasilnya, payung untuk melindungi diri dari Matahari mampu menangkal lebih dari 99 persen sinar UV. Adapun payung yang diperuntukkan bagi musim hujan juga bekerja dengan baik.

Momen Haru Kunjungi Makam Olga Syahputra, Ruben Onsu: Hanya Rindu

Payung jenis tersebut mampu menghalau setidaknya 77 persen sinar UV. Angka ini lebih tinggi pada payung berwarna gelap.

Sementara itu, peneliti dermatologi dari Washington University School of Medicine yang tak terkait dengan studi, Dr. Brundha Balaraman, mengatakan bahwa penelitian oleh Emory University memberikan alternatif bagi mereka yang tak bisa menggunakan tabir surya setiap satu atau dua jam.

"Selain tabir surya, saya sering mendorong orang untuk melakukan langkah perlindungan lainnya dari sinar Matahari," ujar Balaraman seperti dilansir kantor berita Reuters.

Menurut Balaraman, orang-orang yang mendapatkan manfaat dari penggunaan payung ini antara lain pegolf dan mereka yang bepergian ke negara dengan iklim hangat. Meski demikian, ia menilai bahwa tantangan saat ini adalah meyakinkan orang untuk menggunakan payung setiap hari. (art)

Pemudik yang meninggalkan Jakarta lewat Gerbang Tol Cikampek Utama

Jasa Marga Beri Diskon Tarif Tol Arus Balik Lebaran, Catat Tanggalnya

PT Jasa Marga kembali memberlakukan potongan tarif tol 20 persen untuk semua kendaraan yang melintas di Tol Trans Jawa pada periode arus balik dari Semarang ke Jakarta.

img_title
VIVA.co.id
12 April 2024