Lingerie Anti Perkosaan Diciptakan di India

Celana dalam anti perkosaan
Sumber :
VIVAlife
Cup Bra Terlalu Besar Picu Gangguan Kesehatan
- Tiga orang mahasiswa tehnik asal India merancang sebuah pakaian dalam khusus yang bisa menghindarkan seorang wanita dari tindakan perkosaan. Di India, pemerkosaan adalah isu sosial yang semakin mengkhawatirkan. 

Jurus Turunkan Berat Badan Pakai Protein

Pakaian dalam tersebut dinamakan SHE,
Misteri 'Bak Mandi Tuhan' Berusia 7.000 Tahun
Society Harnessing Equipment . Alat tambahan pada lingerie ini diharapkan menghindari potensi pelecehan saat pemakainya berada di ruang publik.


Di dalam pakaian ditanam perangkat GPS yang mampu mentransmisikan peringatan kepada orang tua dan polisi,  serta mekanisme pertahanan diri.


"Seseorang yang mencoba untuk melecehkan seorang gadis akan terkejut dengan sensor yang akan aktif saat ada tekanan. GPS dan modul GSM akan mengirim SMS pada nomor darurat 100 serta orangtua gadis," ucap salah satu perancang lingerie, Manisha Mohan seperti dikutip
Times of India
.


Sensor tekanan dan sirkuit listrik diletakkan dalam bra, bukan celana. Sebab, berdasarkan diskusi dengan para korban pelecehan, kebanyakan wanita terlebih dulu diserang pada bagian dada mereka.


Selain mengaktifkan sensor, pria yang berniat jahat akan diserang balik dengan sengatan listrik 3800kV. "Listrik dapat dipancarkan hingga 82 kali," kata Mohan.


Sementara melemahkan pelaku pelecehan, pemakainya tetap terlindung, karena bagian dalam pakaian dilapisi
polimer
isolasi. Lingerie ini juga dapat dicuci karena menggunakan kain khusus yang ditenun dengan memasukkan sensor di dalamnya.


"Kami menggunakan teknologi yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari dalam inovasi kami untuk mencari solusi sederhana bagi masalah serius yang ada dalam masyarakat."


Lingerie dinominasikan untuk meraih penghargaan Inovasi Teknologi Gandhi Muda tersebut akan mulai tersedia di pasar India pada akhir April.


Pemilik merek pakaian dalam Victoria Secret juga pernah meluncurkan seri celana dalam anti pemerkosaan. Bedanya, celana Victoria's Secret bertuliskan frase anti-pemerkosaan. Diantaranya,
"No Means No"
, "
Unwrapped Me"
, dan "
Ask First
"  (sj)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya