Paru-paru Gadis Ini Rusak Akibat Kayu Manis

Kayu manis
Sumber :

VIVAlife - 'Tantangan kayu manis (cinnamon)' yang kembali marak di kalangan remaja Amerika Serikat, membuat kalangan medik khawatir. Seorang dokter mengingatkan bahayanya permainan tersebut.

Jurus Turunkan Berat Badan Pakai Protein

'Tantangan kayu manis' yang aksinya ramai di upload di YouTube membuat pasien remaja di rumah sakit AS meningkat tajam.

Gadis 16 tahun, Dejah Reed, salah satunya. Dilansir Daily Mail, akibat menelan bubuk kayu manis dalam waktu 60 detik tanpa minum air, Dejah mengalami gangguan paru-paru dan pneumonia.

Menurut Dr Steven E Lipshultz, seorang profesor pediatri di University of Miami Miller School of Medicine, kegiatan iseng yang banyak dilakukan remaja saat ini sebenarnya adalah adegan berbahaya yang membahayakan jiwa.

Kayu manis adalah rempah kaustik. Mencoba menelannya dalam bentuk bubuk dapat membuat seseorang tersedak, kesulitan bernapas dan gangguan paru-paru.

Kayu manis terbuat dari kulit pohon dan mengandung serat selulosa yang tidak mudah rusak. Penelitian pada hewan menunjukkan, ketika kayu manis masuk ke paru-paru, dapat menyebabkan jaringan parut, jelas Dr Lipshultz.

Tantangan kayu manis telah ada sejak 2001 dan kembali populer di tahun 2007. Biasanya tantangan ini banyak dilakukan di kalangan remaja. (umi)

Bra

Cup Bra Terlalu Besar Picu Gangguan Kesehatan

Bra yang tidak pas dapat berpengaruh pada postur dan organ internal.

img_title
VIVA.co.id
7 Juni 2013