Tujuh Kebiasaan yang Dapat Merusak Rambut

rambut halus
Sumber :
VIVAlife -
PLN Operasikan SPKLU Khusus Angkot Listrik di Kota Bogor
Rambut adalah mahkota wanita, sehingga harus dirawat setiap hari. Tetapi, banyak wanita yang sering tidak sadar bahwa perawatan yang mereka lakukan justru membuat rambut rusak.

100 Ribu Pendukung Prabowo-Gibran Bakal Demo di Gedung MK, Begini Pesan Cawapres Terpilih

Ada banyak cara dalam merawat rambut. Selain rutin mencuci rambut, untuk mendapatkan rambut yang indah, wanita juga harus merawatnya dengan perawatan tambahan. Namun, kegiatan tambahan seperti seringnya mencuci rambut atau menggunakan berbagai produk perawatan rambut malah membuat rambut rontok lebih cepat.
Angka Kecelakaan Menurun Selama Mudik Lebaran, Kapolri dan Anak Buahnya Dapat Apresiasi


Berikut beberapa kebiasaan yang dapat merusak rambut, seperti dilansir Tip Top Tens :


1. Terlalu sering menggunakan alat penata rambut
.


Peralatan penata rambut seperti
blow dryer
, alat pelurus atau pengeriting rambut dapat menjadikan rambut rusak dan bercabang. Tidak ada salahnya digunakan jika ingin rambut Anda terlihat lurus atau keriting. Tetapi, sebaiknya kurangi pemakaian alat tersebut agar tidak menyiksa rambut Anda.


2. Menguncir rambut.


Bukan berarti Anda tidak boleh menguncir rambut Anda. Tetapi, menguncir rambut terlalu sering dan dengan posisi yang sama terus-menerus akan merusak rambut secara bertahap. Tampak cantik bukan hanya dapat dilakukan dengan menguncir rambut, Anda bisa menggunakan aksesori rambut lain untuk membuat tampilan lebih cantik.


3. Terlalu banyak menggunakan produk
perawatan rambut.


Berbagai produk shampo, kondisioner, gel, dan vitamin rambut merupakan salah satu cara untuk mendapatkan rambut yang indah. Namun, banyaknya berbagai produk di kepala Anda malah akan membuat rambut rusak, karena semua produk tersebut diramu dari berbagai bahan kimia.


Pikirkan dua kali jika ingin menambahkan
styling gel
, atau vitamin rambut. Sebaiknya, tidak menggunakan lebih dari dua produk perawatan rambut dalam sehari. Cukup gunakan vitamin rambut dua kali dalam sepekan.


4. Tidak memotong rambut secara rutin.


Rambut yang panjang akan membuat sebagian wanita lebih percaya diri. Namun, potong rambut rutin tetap diperlukan untuk merawat rambut Anda. Anda bisa tetap mempertahankan rambut panjang, dengan memotong bagian ujung rambut secara rutin untuk menghilangkan rambut yang tidak sehat dan pecah-pecah.


5. Mencuci rambut setiap hari.


Mencuci rambut terlalu sering dapat mengurangi minyak alami rambut. Itulah kenapa, dianjurkan untuk menggunakan kondisioner setelah keramas untuk mengembalikan kelembapan alami rambut.


6. Menggosok rambut dengan handuk
.


Setelah mandi, biasanya Anda akan mengeringkan rambut dengan handuk untuk menyerap kelebihan air. Hal tersebut tidak salah, tetapi jika menggosok rambutĀ  dengan handuk hingga kering, hanya akan membuat rambut Anda menjadi rusak.


7. Terlalu sering menyisir rambut.


Ada pepatah lama yang mengatakan bahwa menyisir rambut 100 kali, akan membuat rambut lebih sehat dan bersinar alami. Tetapi nyatanya, terlalu banyak menyisir rambut akan menyebabkan rambut patah dan rusak. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya