Gugup Hadapi Kekasih Idaman? Ini Penjelasan Ilmiahnya

Pasangan frustasi
Sumber :
  • feelgooder.com

VIVAlife - Semua pasti pernah mengalami ini. Lidah tiba-tiba kelu, tubuh panas dingin, mendadak ceroboh, dan melakukan hal memalukan saat berhadapan dengan orang yang disukai.

Menag Ingatkan Umat Islam soal Perjuangan Politik Pemilu 2024 Sudah Selesai

Rasa gugup itu ternyata tidak terjadi begitu saja, ada alasan ilmiah di baliknya. Salah satu penyebabnya, adalah respons kimia tubuh. Uniknya, respons itu muncul seperti saat mengonsumsi obat terlarang.

Mengutip Yahoo, tubuh tiba-tiba melepaskan hormon dopamin, adrenalin, serotin, estrogen, dan testosteron. Jika digabungkan, mampu membuat seseorang kehilangan kecerdasan dan kepercayaan diri.

Terpopuler: Hasil Apik Timnas Indonesia U-23, Anthony Ginting Tembus Olimpiade 2024

Reaksi kimia itu membuat tubuh dan otak tidak berfungsi dengan normal. Selain dapat menghambat kemampuan berjalan dan berbicara, reaksi kimia itu juga dapat memengaruhi cara melihat diri sendiri.

Bahkan penelitian menyebutkan, respons itu bisa membuat seseorang berpikir punya banyak kesamaan dengan orang yang disukai. Padahal, pikiran itu belum tentu sesuai dengan kenyataan sebenarnya.

Menhub Ingatkan Semua Unsur Aparat Pastikan Kelancaran Arus Balik Lebaran

Namun, respons kimia dalam tubuh saat bertemu kekasih idaman, juga bisa berefek negatif. Kebanyakan, respons itu bisa menimbulkan reaksi stres, takut, dan cemas. Emosi yang campur aduk itu, menurut para ilmuwan, disebabkan produksi hormon yang berlebihan tadi.

Honri Boma EV

Mobil Listrik Ini seperti Replika Alphard Mini, Harga Murah Meriah

Toyota Alphard menjadi mobil MPV premium dengan bodi bongsor, kini ada mobil yang mereplikanya dengan ukuran lebih kecil. Yakni, mobil listrik Honri Borna asal China.

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024