Makanan Ini Tingkatkan Kadar Kolesterol Baik dalam Tubuh

Ilustrasi cek kolesterol
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – Meningkatkan kadar HDL (High-Density Lipoprotein) atau kolesterol baik sangat dibutuhkan oleh tubuh. Kadar HDL yang tinggi dapat menurunkan risiko serangan penyakit koroner. Ada beberapa cara alami yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kadar HDL seperti berhenti merokok dan olahraga teratur.

Perkembangan Terbaru Pengobatan TBC Resisten Obat, Bikin Cepat Sembuh dengan Obat Ini!

Pola makan yang baik juga menjadi aspek penting dalam meningkatkan kadar HDL. Hindari makanan yang mengandung lemak trans karena lemak tersebut dapat menurunkan kadar HDL dan meingkatkan kolesterol jahat atau Low-Density Lipoprotein (LDL).

Dilansir laman Boldsky, beberapa cara lain untuk meningkatkan kadar HDL adalah dengan mengkonsumsi ikan setiap hari. Ikan mengandung asam lemak, omega-3 dan omega-6 yang bagus untuk meningkatkan kadar HDL. Bagi mereka yang tidak suka mengkonsumsi ikan, suplemen minyak ikan dapat menjadi alternatif. Selain itu, cokelat hitam juga baik untuk meningkatkan kadar kolesterol baik.

6 Olahraga Ringan untuk Membakar Kalori dan Mengembalikan Kebugaran Tubuh Setelah Lebaran

Mengonsumsi kacang-kacangan seperti almond,  pistachio, kenari setiap hari akan meningkatkan kadar kolesterol baik. Mereka yang menonsumsi suplemen yang kaya vitamin D setiap hari memiliki kadar HDL yang tinggi.

Para vegetarian yang rutin menambahkan kacang-kacangan dan kedelai, menghindari daging merah memiliki kadar LDL lebih rendah dan kadar HDLnya cenderung tinggi. Jadinpastikan makanan di atas menjadi bagain dari konsumsi makanan Anda setaip hari untuk meningkatkan kadar HDL Anda.

Ramalan Zodiak Jum’at 19 April 2024, Sagitarius: Teman dekat Mungkin Mengkhianatimu
Susu kedelai.

8 Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan, Bisa Meredakan Gejala Menopause

Susu kedelai, minuman nabati yang terbuat dari biji kedelai, telah lama menjadi alternatif populer bagi mereka yang mencari pengganti susu sapi memiliki segudang manfaat.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024