Kenali Kondisi Tubuh Wanita Mendekati Menopause

Gejala Menopause
Sumber :

VIVA.co.id - Banyak perubahan yang terjadi saat masa transisi menuju menopause. Hal tersebut seringkali membuat kebanyakan wanita merasa tidak nyaman dengan kondisi tubuhnya.

Beberapa perubahan yang terjadi pada wanita menuju menopause, disebabkan dari hormon-hormon yang sudah mulai berkurang. Padahal, hormon tersebut sangat berfungsi menjaga kestabilan tubuh seorang wanita.

"Biasanya sama seperti wanita yang Pramenstrual Syndrome (PMS), tanda gejalanya pasti bikin nggak nyaman," ujar psikolog Elizabeth Santosa, yang ditemui di kawasan Sudirman, Jakarta, Rabu 27 Juli 2016.

Fungsi hormon tersebut pada akhirnya tidak lagi berjalan seperti biasanya sehingga perubahan pada fisik maupun psikis akan dirasakan. Mulai dari kulit yang terasa kering hingga perubahan emosi yang begitu tidak stabil.

"Biasanya cranky (mudah tersinggung dan marah) dan hot flushes (terasa panas di dalam tubuh, diikuti dengan keluarnya keringat, serta jantung yang berdebar-debar), jadi keringetnya banyak. Terus kulit kering dan emosinya naik turun," tambahnya.

Selain itu, wanita cenderung lebih sensitif dalam merespons sesuatu sehingga akan terlihat sedih atau gembira yang berlebihan. Untuk itu, sangat disarankan melakukan perubahan gaya hidup yang lebih baik.

"Saya sih selalu sarankan untuk perbanyak sayuran hijau ya. Selain itu saya sarankan juga untuk suntik hormonal ke dokter biar kondisi hormonnya tetap stabil," ujar dia.

Ajaib, Wanita Ini Hamil Usai Didiagnosa Menopause Dini

(ren)

Ilustrasi kehamilan.

Kapan Seharusnya Wanita Berhenti Mengandung?

Setiap usia, memiliki risiko kehamilan yang berbeda.

img_title
VIVA.co.id
8 Agustus 2016