Cara Ersa Mayori Ajarkan Anak Gunakan Toilet

Presenter kondang Ersa Mayori.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Putri Firdaus

VIVA.co.id – Presenter cantik, Ersa Mayori berbagi cerita mengenai pengalamannya tentang mengajarkan anak menggunakan toilet atau kini lebih populer dikenal dengan istilah toilet training. Toilet training adalah saat anak belajar untuk Buang Air Kecil (BAK) atau Buang Air Besar (BAB) seperti orang dewasa tanpa bantuan popok.

Mendidik Generasi Tangguh: Tips Dokter Aisah Dahlan Cegah Anak Terjerumus Liberalisme

Ersa mulai mengajarkan kedua buah hatinya untuk bisa melakukan BAK dan BAB sejak buah hatinya berusia dua tahun.

Popok, hanya digunakan pada malam hari agar kualitas tidur sang anak tidak terganggu. Baginya, proses ini memakan waktu hingga enam bulan dan dilakukan sebelum anak memasuki usia sekolah taman bermain (playgroup).

7 Artis Ini Mantan Gadis Sampul Era 90-an, Kecantikannya Awet Sampai Sekarang

"Kurang lebih umur dua tahunan aku sudah mulai toilet training, saat siang dicoba nggak pakai (popok) tapi ketika tidur malam masih dipakein biar tidurnya tetap nyaman. Tiga tahunan mereka sudah nggak pakai popok saat mulai masuk di playgroup," kata Ersa yang ditemui di acara peluncuran produk MamyPoko terbaru di Pullman Hotel, Jakarta Pusat, Kamis, 18 Agustus 2016.

Selama proses toilet training, Ersa mengaku harus memiliki banyak kesabaran dan konsisten dalam mengajarkan si kecil untuk bisa buang air di kamar mandi.

Mona Ratuliu Ungkap Pentingnya Bergaul Lahir Batin dengan Anak

"Kalau toilet training, kita memang harus sabar dan konsisten. Kalau siang, satu jam sekali ditanya mau pipis atau enggak. Paling nggak kalau sudah dua jam kita yang bawa ke toilet, terus kita dudukin saja," ujar perempuan 37 tahun tersebut.

"Biasanya kalau minumnya banyak otomatis pipisnya juga akan lebih banyak. Kalau, BAB (Buang Air Besar) kan gejalanya ada, biasanya lebih bisa diantisipasi."

(mus) 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya