Ketahui Kondisi Kesehatan Wanita dari Aroma Organ Vital

Ilustrasi wanita mengalami infeksi saluran kencing
Sumber :
  • pixabay/holdosi

VIVA.co.id – Ketika seorang wanita merasa organ vitalnya mengeluarkan bau terkadang segala macam cara langsung dilakukan untuk mengatasinya. Sebenarnya sangat normal bila organ intim wanita memiliki beberapa jenis aroma. Namun, tidak semua wanita memiliki bau yang sama, ada yang memiliki aroma jauh lebih kuat dibanding lainnya.

Ratus Vagina Bisa Bikin Miss V Rapat? Begini Kata Dokter Boyke

Uniknya, bau vagina juga mampu mengindikasikan kondisi kesehatan seseorang. Seperti dilansir dari laman Gurl, berikut ini delapan tanda kesehatan yang bisa Anda kenali dari aroma vagina.

Bau roti

Mainan Seks Sepanjang 10 Cm Nyangkut di Organ Intim Wanita, Dokter Sampai Syok!

Bau roti atau ragi pada vagina pada umumnya menandakan infeksi jamur. Ini berarti bahwa sel jamur secara alami dalam jumlah kecil dalam vagina bermutasi lebih banyak dari seharusnya.

Jadi kalau vagina memiliki bau mencurigakan seperti roti tawar, terasa gatal dan atau nyeri, gunakan obat anti jamur.

5 Tips Jaga Kesehatan dan Kebersihan Organ Intim, Yuk Terapkan Ladies

Bau seperti logam

Sepintas tampak menyeramkan tapi sebenarnya tidak sama sekali. Bau ini muncul tepat setelah menstruasi atau saat usai berhubungan seksual tanpa pelindung.

Aroma ini hanya bersifat sementara, dan jika berlangsung lebih dari satu minggu juga disertai tanda-tanda tak normal, seperti gatal atau perubahan warna, sebaiknya kunjungi dokter.

Amis

Satu hal yang perlu diperhatikan wanita adalah saat organ kewanitaan berbau amis. Apalagi jika bau amis sangat terasa kuat, bisa menandakan adanya infeksi. Terutama tanda infeksi vagina atau bacterial vaginosis

Gejala yang tampak adalah perubahan warna pada vagina, dan bila disertai gatal, rasa terbakar, bau amis yang kuat, sebaiknya segera temui dokter.

Seperti daging busuk

Jika ini yang terjadi sesuatu yang mungkin terjadi adalah tampon atau kondom tertinggal, untuk itu sebaiknya segera temui dokter saat bau ini yang tercium.

Seperti bawang

Hal ini normal. Saat makan banyak bawang putih atau merah lebih dari 48 jam, tubuh pasti akan mengeluarkan aroma tersebut lewat urine atau feses, Dalam beberapa kasus lainnya, bisa saja ini hanya sebagai tanda alami aroma tubuh. Untuk menyelesaikan masalah ini cukup mandi.

Musky

Tidak perlu khawatir. Biasanya ini terjadi setelah olahraga, berkeringat atau saat menggunakan pakaian ketat. Untuk menurunkan tingkat bau ini, cobalah menggunakan pakaian yang lebih ringan dan longgar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya